Bagaimana Cara Mencegah Diabetes [Tips Sehat 2023]

0
112
Cara Mencegah Diabetes
Cara Mencegah Diabetes - Sumber : istock

Diabetes adalah kondisi kesehatan yang serius dan dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius.

Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah diabetes. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah diabetes:

1. Makan sehat dan seimbang

Makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu mencegah diabetes. Hindari makanan yang tinggi gula dan karbohidrat sederhana, dan konsumsi makanan yang kaya akan serat, vitamin, mineral, dan protein.

Hindari makanan olahan dan makan makanan yang segar dan alami. Contoh makanan sehat adalah seperti : nasi merah, kentang, ayam tanpa lemak, kacang- kacangan, brokoli, wortel, apel dll.

2. Olahraga teratur

Olahraga teratur dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Pilihlah olahraga yang Anda nikmati dan lakukan secara teratur, setidaknya 30 menit sehari, lima kali seminggu.

3. Menjaga berat badan yang sehat

Obesitas adalah salah satu faktor risiko utama untuk diabetes. Menjaga berat badan yang sehat dapat membantu mencegah diabetes. Hindari makanan tinggi lemak dan kalori, dan tetap aktif dengan melakukan olahraga teratur.

Rumus menghitung berat badan ideal :

  1. Untuk Pria: Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10 %]
  2. Untuk Wanita: Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15 %]

4. Kurangi konsumsi alkohol dan rokok

Konsumsi alkohol dan merokok dapat meningkatkan risiko diabetes. Hindari atau kurangi konsumsi alkohol dan hindari merokok untuk mencegah diabetes.

5. Rutin memeriksakan kesehatan

Rutin memeriksakan kesehatan dapat membantu mendeteksi diabetes secara dini. Periksakan kadar gula darah secara teratur dan ikuti saran dari dokter jika ada gejala atau risiko diabetes.

6. Rajin Minum Air Putih

Langkah-langkah untuk Mencegah Diabetes pada Usia Muda dengan Menghindari Minuman Manis

Mencegah diabetes pada usia muda dapat dimulai dengan menghindari konsumsi minuman manis berlebihan. Upaya ini terutama ditujukan untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan diabetes autoimun yang dapat memengaruhi orang dewasa.

Untuk mengatasi hal ini, penting untuk menggantikan minuman manis dengan air putih. Dibandingkan dengan minuman yang mengandung gula, air putih memiliki manfaat lebih besar dalam meningkatkan hidrasi tubuh dan mengendalikan kadar gula darah. Ini berkontribusi pada kesehatan ginjal serta keberlangsungan fungsi seluruh tubuh.

Untuk membiasakan kebiasaan minum air putih, Anda dapat selalu membawa botol air saat beraktivitas di luar rumah. Disarankan juga untuk menempatkan air putih di area meja kerja atau di dekat tempat tidur agar lebih mudah diakses dan diingat. Dengan tindakan sederhana ini, Anda dapat membuat minum air putih menjadi bagian tak terpisahkan dari rutinitas harian Anda, menjaga kesehatan tubuh, dan mengurangi risiko diabetes di usia muda.

Mencegah diabetes membutuhkan perubahan gaya hidup dan kebiasaan yang sehat. Lakukan perubahan kecil dan konsisten untuk membantu mencegah diabetes dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Ingatlah bahwa mencegah diabetes lebih baik daripada mengobati diabetes.

-ART-