CV ATS Friendly : Pengertian, Contoh dan Tips Membuatnya

0
175
Seorang wanita sedang duduk di sofa sambil membuat CV untuk melamar kerja - sumber : istock
Seorang wanita sedang duduk di sofa sambil membuat CV untuk melamar kerja - sumber : istock

Membuat CV ATS Friendly – Halo sahabat ISB, Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang CV (Curriculum Vitae) yang “ATS-friendly”, atau yang dapat diterima oleh sistem penyeleksian otomatis (ATS).

Bagi yang belum tahu, ATS adalah sistem yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk menyeleksi calon karyawan. Sistem ini akan membaca CV yang dikirimkan oleh pelamar, lalu mengelompokkannya sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Baca juga : Contoh CV Menarik Lolos HRD

Biasanya perusahaan yang menggunakan sistem ini adalah perusahaan dengan skala menengah ke atas. Karena, ketika perusahaan skala ini membuka lowongan kerja, sudah pasti ribuan pelamar kerja akan mengirimkan CV dan sangat melelahkan jika HRD harus memeriksa satu per satu CV tersebut.

Jadi digunakanlah sistem ATS untuk mengeck CV dari pelamar kerja.

Tips Membuat CV ATS Friendly

Jadi, bagaimana cara membuat CV ATS friendly? Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

  1. Gunakan font yang mudah dibaca oleh ATS. Font seperti Arial, Calibri, atau Times New Roman adalah pilihan yang baik, karena umumnya mudah dibaca oleh sistem. Hindari penggunaan font yang terlalu unik atau berbentuk seni, karena kemungkinan besar akan sulit dibaca oleh ATS.
  2. Buat struktur yang jelas. Buatlah struktur yang jelas pada CVmu, seperti menggunakan heading dan subheading yang mudah dibaca oleh ATS. Juga pastikan untuk memisahkan informasi dengan jelas, seperti pemisahan antara pengalaman kerja dan pendidikan. Kamu yang baru lulus wajib banget baca Cara Membuat CV Fresh Graduate ini terlebih dahulu.
  3. Gunakan kata kunci yang sesuai dengan posisi yang dilamar. ATS akan mencari kata kunci yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Jadi, pastikan untuk menggunakan kata kunci yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar, agar lebih mudah ditemukan oleh ATS.
  4. Jangan gunakan tabel atau garis. ATS seringkali kesulitan dalam membaca tabel atau garis pada sebuah dokumen. Jadi, hindari penggunaan tabel atau garis pada CVmu agar lebih mudah dibaca oleh ATS.
  5. Jangan menggunakan gambar atau grafik. Sama seperti tabel dan garis, ATS juga akan kesulitan dalam membaca gambar atau grafik. Jadi, hindari penggunaan gambar atau grafik pada CVmu agar lebih mudah dibaca oleh ATS.
  6. Buat CV ATS Friendly di platform yang menyediakan banyak template ATS seperti di BikinCV.com

Contoh CV ATS

Contoh CV ATS Untuk Melamar Kerja
Contoh CV ATS Untuk Melamar Kerja – sumber gambar : CVResume.co
Contoh CV ATS Untuk Melamar Kerja - sumber gambar : CVResume.co
Contoh CV ATS Untuk Melamar Kerja – sumber gambar : CVResume.co

Demikian beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk membuat CV yang “ATS-friendly”. Semoga bermanfaat!

(ART)