Air Terjun Tegenungan : Pesona Wisata Air Terjun dari Bali

0
90
Pesona Wisata Alam Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan adalah salah objek wisata alam yang terletak di daerah Ubud, tepatnya di Desa Kemenuh Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Untuk menuju ke lokasi salah satu objek wisata ini, kamu hanya menghabiskan waktu sekitar 20 menit atau sama dengan 10 KM dari pusat Ubud.

Salah satu air terjun yang terkenal dan paling sering dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Menjadi air terjun yang tertinggi di kawasan sekitarnya, Air Terjun Tegenungan memiliki ketinggian 15 meter.

Tidak hanya memiliki daya tarik alam yang mempesona, Air Terjun ini juga dikenal oleh para wisatawan karena memiliki budaya, sejarah dan kesenian yang masih lestari sampai saat ini.

Sejarah Dari Air Terjun Tegenungan

Air terjun ini awalnya bernama Air Terjun Srongsongan, namun pada tahun 1998 penamaannya berubah menjadi Air Terjun Tegenungan yang dicetuskan oleh mahasiswa KKN dari UNUD.

Selain nama Tegenungan, objek wisata alam air terjun ini juga diberi nama Air Terjun Blangsinga dikarenakan objek wisata di Bali ini dapat diakses dari Banjar Blangsinga.

Daya Tarik Air Terjun Tegenungan

Mata kamu akan terpikat oleh keindahan alam yang diberikan oleh Air Terjun Tegenungan. Air terjun ini bersumber dari aliran Sungai Tukad Petanu. Memiliki debit air yang deras sehingga suara dari gemuruh air akan membuat suasana hati kamu menjadi tenang

Memiliki air yang segar dan jernih dan ditambah lagi dengan di sekitaran lokasi Air Terjun Tegenungan dikelilingi oleh hutan tropis yang pastinya kamu akan dibuat betah.

Pemandangan Air Terjun Tegenungan Dari Atas <yoastmark class=
Pemandangan Air Terjun Tegenungan Dari Atas | Sumber: Istock

Banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan di lokasi Air Terjun Tegenungungan, seperti berfoto di berbagai macam spot foto yang terdapat di lokasi air terjun. Selain itu, kamu juga dapat berenang karena kolam di lokasi air terjun ini tidak terlalu dalam. Kamu tidak perlu khawatir untuk berenang karena di lokasi air terjun ini sudah disediakan fasilitas ruang ganti. Terdapat juga pengawas apabila terjadi sesuatu ke pengunjung. Tetapi kamu tidak disarankan untuk berenang pada musim hujan, karena debit air sangat besar dan airnya tidak terlalu jernih.

Restoran di Sekitar <yoastmark class=
Restoran Di Sekitar Air Terjun | Sumber: Istock

Setelah berakitivitas yang menghabiskan banyak tenaga, kamu dapat bersantai sejenak menikmati pemandangan di restoran terdekat. Terdapat beberapa restoran disekitaran lokasi air terjun. D’Tukad River Club dan OMMA Day Club menjadi restoran yang paling terkenal di sekitaran area air terjun.

Akses dan Rute Menuju Lokasi

Untuk menuju ke lokasi, kamu akan menghabiskan waktu sekitar kurang lebih 1 jam dari Bandara Ngurah Rai. Jika dari pusat kota Denpasar menuju lokasi air terjun berjarak sekitar 20 KM yang menghabiskan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Berikut panduan lokasi untuk menuju ke tempat wisata ini, bisa kamu lihat di bawah ini

Sesampainya di lokasi, kamu harus melewati 168 buah anak tangga untuk melihat keindahan alam dari air terjun ini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Air terjun indah ini buka pada setiap hari pada pukul 06.30 sampai 18.30 Wita. Waktu terbaik kamu untuk mengunjungi Air Terjun ini adalah di pukul 07.00 Wita karena cuaca disana tidak terlalu panas. Pukul 16.30 juga direkemondasikan untuk kamu yang ingin datang di sore hari agar matahari tidak terlalu terik.

Biaya tiket yang perlu dikeluarkan adalah sebesar Rp 20.000/orang untuk masuk ke lokasi Air. Terdapat biaya tiket tambahan sebesar Rp 20.000/orang apabila kamu berniat untuk ke atas Air Terjun ini.

Bagi kamu yang sedang berada di Bali, pastikan untuk mengunjungi air terjun yang cantik dan nikmati pesona alamnya.

Semoga Bermanfaat !

Baca Juga >> 10+ Rekomendasi Air Terjun di Bali Yang Sering Dikunjungi