Kanto Lampo Waterfall: Wisata Alam Bali Yang Patut Dikunjungi

0
73
Air Terjun Kanto Lampo
Air Terjun Kanto Lampo Sumber: Pinterest

Air Terjun Kanto Lampo atau para wisatawan biasanya menyebut dengan nama Kanto lampo Waterfall adalah salah satu air terjun yang terletak di tengah hutan tropis Gianyar. Tepatnya di Desa Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar.

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter dari dengan susunan bebatuan yang berundak – undak membuat air terjun ini memiliki keunikannya tersendiri dibandingkan air terjun – air terjun lainnya yang ada di bali.

Sejarah Air Terjun Kanto Lampo

Asal mulanya Air Terjun Kanto Lampo dinamakan sesuai dengan pohon yang tumbuh di sekitar air terjun. Pohon tersebut dikenal dengan sebutan Kanto Lampo. Pohon ini termasuk langka dan memiliki ciri unik yaitu warna buahnya yang bisa berubah-ubah, mulai dari kuning hingga hijau. Ketika matang, buah ini berubah warna menjadi merah. Maka dari itu, masyarakat setempat dan para wisatawan menyebutnya dengan nama Air Terjun Kanto Lampo.

Lokasi air terjun ini dianggap tempat sakral oleh masyarakat lokal karena dijadikan sebagai beji atau tempat untuk Mendak Toya Ning (Mencari Air Suci) yang digunakan untuk upacara keagamaan di daerah terseut.

Pohon - Pohon Yang Tumbuh Di Sekitar Air Terjun Kanto Lampo
Pohon – Pohon di Sekitar Air Terjun Kanto Lampo | Sumber: Instagram @darwinarya

Daya Tarik Wisata Kanto Lampo

Kamu akan terkesima oleh pesona keindahan dari “hidden gem” satu ini, air terjun ini memiliki ketinggian 15 meter yang tersusun dengan bebatuan berundak – undak yang menyebabkan air terjun ini tidak memiliki deras air yang besar. Air terjun Kanto Lampo berbeda dari air terjun – air terjun lainnya, aliran air dari air terjun ini akan tersalur secara merata ke samping sehingga membentuk seperti labirin air. Hal tersebut menjadi sebuah keunikan tersendiri dari air terjun ini.

Pria Berfotoan di Tengah Deburan Air Terjun Kanto Lampo
Pria Berfotoan di Tengah Deburan Air Terjun | Sumber : Pinterest

Apabila kamu seorang yang gemar untuk mengambil foto, air terjun ini sangat cocok untuk mengabadikan foto kamu bersama keluarga atau pasanganmu. Air terjun ini sangat cocok kamu gunakan untuk bersantai dari hiruk pikuk perkotaan yang sering sekali menyebabkan stress.

Deburan air dan keasrian dari pohon – pohon kanto lampo yang tumbuh di sekitar lokasi air terjun menjadikan objek wisata alam ini sangat cocok untuk menghilangkan rasa penat dan tentu saja stress dalam melakukan aktivitas dalam keseharian kamu.

Akses dan Rute ke Lokasi

Jarak tempuh untuk mencapai lokasi air terjun ini adalah sepanjang 30 km dari pusat kota Denpasar dengan waktu sekitar kurang lebih 1 jam.

Agar kamu tidak kebingungan untuk mencari lokasi dari Air Terjun Kanto Lampo bisa kamu lihat pada peta di bawah

Sesampainya kamu di lokasi air terjun, kamu akan disambut dengan pepohonan yang hiaju dan asri. Setelah itu, kamu harus berjalan kaki sejauh beberapa ratus meter ke air terjun.

Tangga menuju air terjun Kanto Lampo dengan relief batu dan penuh lumut hijau
Tangga menuju lokasi air terjun | Sumber: Istock

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan yang diberikan dari air terjun ini, kamu cukup dikenakan biaya tiket sebesar Rp 20.000/orang.

Waktu yang bagus untuk kamu mengunjungi air terjun ini adalah pada musim kemarau di antara bulan April dan September. Boleh saja kalau kamu ingin berkunjung pada musim hujan, namun ketinggian air akan menyulitkan kamu untuk mencapai air terjun. Pada Siang hari adalah waktu terbaik untuk kamu mengunjungi salah satu objek wisata “hidden gem” yang ada di Bali.

Bagaiamana ? setelah membaca artikel ini apakah kamu ingin mengunjungi salah satu air terjun indah di Pulau Bali ini ?

Semoga artikel ini bermanfaat !

Baca Juga >> 10+ Rekomendasi Air Terjun di Bali Yang Sering Dikunjungi