Pura Lempuyang Luhur : Pura Tertinggi di Bali

Pura Penataran Agung Lempuyang Luhur

Pura Lempuyang Luhur : Pura Tertinggi di Bali – Pulau Dewata terkenal dengan nama pulau Seribu Pura. Di Bali terdapat sebuah Pura yang berdiri di lereng timur Gunung Lempuyang dengan ketinggian 1.175 meter di atas permukaan laut.

Pura lempuyang yang juga disebut dengan Lempuyang Temple sangat populer di kalangan wisatawan. Bangunan suci ini terkenal dengan nama Gerbang Menuju Surga atau Gate to Heaven.

Pura ini terletak di Kabupaten Karangasem, daerah bali bagian timur, berjarak dekat dengan Gunung Agung hanya 19 Km. Selain terkenal dengan sebutan Gerbang Menuju Surga, Pura Lempuyang terkenal sebagai pura yang tertinggi di Bali.

Untuk mencapai puncak tertinggi Pura Lempuyang kamu harus melewati ribuan anak tangga.

Sejarah Pura Lempuyang Luhur 

Pura ini berasal dari kata “lampu” yang bermakna sinar dan “hyang” yang berarti Tuhan. Nama Lempuyang memiliki arti yaitu sinar suci dari tuhan yang terang. Hal ini didukung dengan posisi pura yang terletak di timur Pulau Bali. Di mana lokasi ini adalah permulaan matahari terbit. 

Tempat suci ini sudah ada pada abad ke-8 yang didirikan oleh seorang pendeta Hindu terkemuka bernama Dang Hyang Nirartha. Pura Lempuyang merupakan salah satu Pura Sad Kahyangan. Pura Kahyangan adalah tempat umat Hindu untuk memuja Ida Sang Hyang Widi Wasa dalam berbagai perwujudan-Nya dan juga menjadi tempat memuja roh para leluhur. Sedangkan yang termasuk dalam kaetgori Pura Kahyangan Jagat, meliputi Pura Sad Kahyangan (sad = 6), yaitu pura yang berada di enam lokasi Kahyangan besar di Pulau Bali. Adapun pura yang termasuk Pura Sad Khayangan di Bali antara lain Pura Luhur Uluwatu, Pura Lempuyang, Pura Goa Lawah, Pura Watukaru, Pura Bukit Pengalengan dan Pura Besakih. Pura Sad Kahyangan dipercaya sebagai sentral spiritual Pulau Bali dan juga menjadi pusat keagamaan umat Hindu.

Daya Tarik Pura Lempuyang Luhur 

Tangga Menuju Pura Lempuyang
Tangga Menuju Pura Lempuyang | Sumber : Istock

Pura lempuyang memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan pura lain. Untuk mencapai pura utama di puncak Lempuyang, kamu harus melewati lebih dari 1.700 anak tangga.

kamu akan dimanjakan dengan suasana sejuk dari hutan yang masih terjaga keasriannya di sepanjang jalan menaiki tangga. Ditambah dengan suara – suara satwa dan pemandangan alam yang indah dam sudah pastinya membuat kamu terpesona.

Gate of Heaven Lempuyang Temple
Gate of Heaven Lempuyang Temple | Sumber : Istock

Sesampainya di puncak Pura Lempuyang, kamu akan melihat pemandangan Gunung Agung yang sangat indah. Kamu dapat berfoto di spot “Gate of Heaven” yang hanya berada di puncak Pura Lempuyang

Bagi kamu yang gemar untuk melakukan aktivitas trekking, tentu ini merupakan pengalaman yang tidak boleh dilewatkan. Tapi harus diingat, pada lokasi Pura Lempuyang kamu wajib menggunakan kain sembahyang untuk menjaga kesucian pura. Jika tidak membawa kain, kamu dapat menyewanya di sekitar lokasi pura.

Jam Buka – Tutup

Pura Lempuyang ini dibuka untuk umum 06.00 Wita – 19.00 Wita. Kamu disarankan untuk mengunjungi ke pura ini pada pagi hari untuk melihat Sunrise atau kamu juga dapat mengunjungi tempat suci ini pada sore hari. Apabila kamu mengunjungi di sore hari, kamu akan berkesempatan untuk melihat golden sunset di pura tertinggi dan juga tertua di Bali ini.

Rute Lokasi 

Apabila kamu sedang berada di Denpasar, perjalanan menuju Pura Luhur Lempuyang akan menghabiskan waktu selama kurang lebih 2 jam dengan jarak sekitar 76 Km. Jika kamu berada di Kabupaten Badung kamu akan menghabiskan waktu perjalanan selama kurang lebih 2 jam 30 menit dengan jarak 80 Km.

Cek juga >> 6 Pesona Keindahan Tempat Wisata Di Jimbaran Bali

Agar tidak tersesat, kamu dapat melihat panduan Google Maps di bawah ini

Harga Tiket Masuk 

Wisata religius di Pura Lempuyang dikenakan tiket masuk. Harga Tiket masuk untuk wisatawan domestik Rp 50.000/orang.

Sedangkan tiket masuk wisatawan mancanegara Rp 100.000/orang. Sementara tarif parkir Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk sepeda motor.

Berita Terkait

Berita terbaru dari kategori terkait.

Bali Farm House

Informasi Harga Tiket Masuk dan Daya Tarik Bali Farm House

July 16, 2024

Bali Farm House adalah tempat wisata baru yang menarik di Bali, menawarkan pengalaman unik yang berbeda dari tempat wisata lainnya. Tempat wisata ini menawarkan pengalaman unik berinteraksi dengan hewan – hewan ternak dan pemandangan alam Bali yang indah. Bagi kamu... Selengkapnya

Selengkapnya
Pura Batur

Pura Batur : Pura Suci di Tepi Danau

January 16, 2024

Pura Batur –  Bali memang identik dengan pariwisatanya terutama wisata alamnya yang... Selengkapnya

Jatiluwih Tabanan

Rekomendasi 10+ Tempat Wisata di Tabanan

January 5, 2024

Tabanan – Apabila kamu sedang di Bali, kurang lengkap apabila kamu tidak... Selengkapnya

Ubud

10+ Destinasi Wisata di Ubud yang Paling Hits & Instagramable!

December 29, 2023

10+ Destinasi Wisata di Ubud yang Paling Hits & Instagramable! – Apabila... Selengkapnya