Pura Agung Besakih : The Mother of Temple in Bali

0
98
Pura Agung Besakih
Pura Agung Besakih | Sumber : Istock

Pura Agung Besakih : The Mother of Temple in Bali – Apakah kamu mengenal Pura Agung Besakih ? jika belum, mari mengenal lebih jauh tentang Pura yang menjadi ikonik Pulau Bali ini.

Pura Agung Besakih atau biasa juga disebut dengan sebutan Mother Temple of Bali adalah pura terbesar dan menjadi sentral  kegiatan seluruh umat Hindu di Bali. Lokasinya di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Tempat suci ini berdiri dengan kokoh pada lereng sebelah barat Gunung Agung.

Kompleks pura ini sangat luas yang terdiri dari 1 pura pusat yang disebut dengan Pura Penataran Agung dan 18 pura pendamping (1 Pura Basukian dan 17 Pura lainnya).

Sejarah Pura Agung Besakih

Besakih berasal dari kata Sansekerta “Wasuki” atau dalam bahasa Jawa Kuno dikenal sebagai “Basuki,” yang memiliki arti kebahagiaan atau keselamatan. Nama ini juga terkait dengan cerita mitos tentang Naga Basuki, yang berperan sebagai penyeimbang Gunung Mandara.

Pura Besakih berdiri sejak tahun 1284 yang dibangun oleh Rsi Markandeya yang merupakan pendeta Agama Hindu yang berasal dari India. Maha Rsi mendirikan Pura Besakih karena mendengar suara gaib saat bermeditasi di Dataran Tinggi Dieng.

Setelah itu, Ia dan pengikutnya langsung melakukan perjalanan dari pulau jawa ke bali. Pura Besakih diperkirakan sudah berumur sangat tua didukung oleh temuan sejumlah artefak dari zaman megalitik di sekitarnya, termasuk menhir, tahta batu, dan struktur piramid bertingkat.

Daya Tarik Pura Agung Besakih 

Kompleks Pura Agung Besakih
Kompleks Pura Agung Besakih | Sumber : Istock

Kompleks Pura Besakih diatur sesuai dengan penataan arah mata angin, yang disebut sebagai Mandala yang diwujudkan dalam bentuk Panca Dewata. Pura pertama adalah Pura Gelap, yang berfungsi untuk pemujaan Dewa Iswara dan terletak di bagian timur. Pura kedua adalah Pura Kiduling Kereteg, yang terletak di sisi selatan dan digunakan untuk pemujaan Dewa Brahma. Di sisi barat, terdapat Pura Ulun Kulkul, tempat pemujaan Dewa Mahadewa. Sedangkan di sisi utara, terdapat Pura Batumadeg, yang menjadi tempat pemujaan Dewa Wisnu. Pura terbesar yang terletak di kompleks Pura Besakih Pura Penataran Agung Besakih, yang dianggap sebagai pusat dari Mandala ini dan menjadi tempat pemujaan Dewa Siwa.

Pura Agung Besakih sudah populer di kalangan wisatawan sebagai salah satu destinasi wisata religius yang ada di Bali. Kamu dapat mengunjungi Pura Besakih untuk bersembahyang atau hanya menikmati keindahan dari pura terbesar di Bali ini.

Untuk saat ini, Pura Agung besakih sudah tertata dengan baik karena sudah terdapat fasilitas parkir tingkat. Jadi kendaraan umat hindu yang ingin bersembahyang yang bisa disebut dengan “pemedek” ataupun kendaraan milik wisatawan akan terparkir dengan rapi.

Parkir Tingkat Pura Agung Besakih
Parkir Tingkat Mother Temple of Bali | Sumber : patrolipost

Terdapat juga kios – kios souvenir ataupun makanan di sekitaran lokasi Pura Besakih, kamu dapat membeli makanan atau cenderamata khas dari Pulau Bali, menarik bukan ?

Jam Buka – Tutup 

Kamu dapat berkunjung ke tempat suci ini pada pukul 08.00 Wita – 18.00 Wita. Sedangkan, bagi umat hindu yang berniat untuk melakukan persembahyangan dapat datang ke pura selama 24 jam.

Rute Lokasi 

Apabila kamu sedang berada di Denpasar, perjalanan menuju Pura Agung Besakih akan menghabiskan waktu selama 1 setengah jam dengan jarak sekitar 55 Km. Jika kamu berada di Kabupaten Buleleng kamu akan menghabiskan waktu perjalanan selama kurang lebih 2 jam dengan jarak 83 Km.

Cek juga >> Rekomendasi Tempat Wisata di Buleleng Bali 2023

Agar kamu tidak tersesat, lihat panduan Google Maps di bawah ini

Harga Tiket Masuk 

Bila kamu tertarik untuk mengunjungi Pura Besakih, wisatawan akan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp 30.000/orang untuk wisatawan domestik dan Rp 60.000 untuk wisatawan mancanegara. Selain itu, kamu akan dikenakan biaya parkir motor Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000.

Menarik bukan ? apabila kamu berada di Bali dan ingin mencari ketenangan dengan melakukan aktivitas wisata religius. Pura Besakih sangat cocok untuk kamu kunjungi

Semoga Bermanfaat !