Sangeh Monkey Forest Bali: Panduan Wisata 2024

0
101
Objek Wisata Sangeh Monkey Forest
Objek Wisata Sangeh Monkey Forest | Sumber: Instagram @sangehmonkeyforest

Sangeh Monkey Forest Bali adalah salah satu tempat wisata menarik di Bali yang memungkinkan Anda untuk menikmati alam, budaya, dan interaksi dengan kera ekor panjang yang menggemaskan. Selain di Sangeh Monkey Forest terdapat juga tempat wisata yang terdapat kera di dalamnya yaitu Monkey Forest Ubud. 

Untuk mengenal lebih jauh tentang Sangeh Monkey Forest, mari disimak artikel di bawah ini !

Daya Tarik Wisata Sangeh Monkey Forest Bali

Daya tarik utama dari tempat wisata Hutan Monyet Sangeh adalah hutan yang ditinggali oleh ratusan kera abu – abu ekor panjang. kamu dapat melihat dan berinteraksi dengan mereka yang memiliki tingkah lucu dan menggemaskan, menarik bukan ?

Kera Abu - Abu di Sangeh Monkey Forest
Kera Abu – Abu di Sangeh Monkey Forest | Sumber: Pinterest

Selain kera abu – abu yang menjadi satwa paling banyak di tempat ini, kamu juga dapat melihat Tanaman Pala (Dipterocarpus trinervis). Tanaman tersebut tumbuh rindang di tempat ini. Selain melihat tanaman pala, kamu juga dapat melihat tanaman – tanaman lain seperti pule, amplas, cempaka kuning, kepohpoh, dan lain – lain.

Tanaman Pala di Sangeh Monkey Forest
Tanaman Pala di Sangeh Monkey Forest | Sumber: Instagram @sangehmonkeyforest

Di dalam tempat ini kamu akan melihat Pura Bukit Sari. pura ini adalah tempat ibadah dan ritual keagamaan, dan kamu sebagai pengunjung diharapkan untuk menjaga sopan santun di area pura ini.

Pura Bukit Sari
Pura Bukit Sari | Sumber: Flickr.com

Saat berada di taman wisata alam ini, kamu akan melihat patung Rahwana yang sedang diserang oleh puluhan pasukan monyet dari Sugriwa. Patung, tersebut terinspirasi dari kisah Ramayana yang terkenal !

Patung Rahwanana di Sangeh Monkey Forest
Patung Rahwanana di Sangeh Monkey Forest | Sumber: Pinterest @mistouline

Sangeh tidak hanya menyediakan wisata alam yang indah dan mempesona, disana terdapat juga wisata kuliner yang dapat kamu kunjungi.

1. Lawar kuwir Men Sono

Lawar Kuwir Men Sono
Lawar Kuwir Men Sono | Sumber : Instagram @laskarkuliner

Tempat kuliner satu ini menjual lawar kuwir yang berbahan dasar dari bebek. Seporsi nasi  lengkap dengan sate, lawar, serapah dan kuah hanya dibanderol sebesar Rp 30.000/porsi.

2. Lawar Sapi Men Daging

Lawar Sapi Men Daging
Lawar Sapi Men Daging | Sumber : Instagram @eatlovia

Tempat kuliner ini menjual olahan lawar dari daging sapi. Kamu akan mendapatkan satu porsi lengkap berisi lawar yang enak, daging sapi yang empuk dan juga abon sapi yang memiliki cita rasa yang manis. Satu porsi nasi seharga Rp 25.000/porsi

3. Nasi Babi Guling Men Wenci

Nasi Babi Guling Men Wenci
Nasi Babi Guling Men Wenci | Sumber : Instagram

Salah satu Nasi Babi Guling paling hits di Bali! Memiliki cita rasa yang unik dan khas, dengan membayar seharga Rp 25.000/porsi kamu akan disuguhkan dengan nasi babi guling yang sangat enak.

4. Sate Babi Nyoman Bledor 

Warung Sate Babi Nyoman Bledor
Warung Sate Babi Nyoman Bledor | Sumber : Instagram @warungsate.bledor

Tempat kuliner yang paling populer di Sangeh. Warung Sate Babi Nyoman Bledor banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Kamu hanya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 25.000/porsi yang terdiri dari nasi sela, 10 tusuk sate, kuah, dan juga es teh.

5. Warung Dadong Located

Warung Dadong Located
Warung Dadong Located | Sumber : Instagram @dadong.located

Salah satu tempat kuliner di Sangeh yang menjual olahan babi. Memiliki cita rasa yang khas, apabila kamu makan disana, kamu serasa layaknya makan babi ketika Hari Raya Galungan. kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 25.000/porsi yang terdiri dari nasi campur dan minuman.

Alamat

Tempat wisata Sangeh Monkey Forest terletak Jl. Brahmana, Sangeh, Kec. Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali. Jika kamu sedang berada di Denpasar, kamu akan menempuh perjalanan sekitar 1 jam perjalanan yang berjarak 25 km. Dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, jarak yang ditempuh ke lokasi adalah 35 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 45 menit. 

Agar lebih mudah menemukan lokasi Ubud Monkey Forest, kamu dapat memanfaatkan Google Maps dengan mengakses tautan di bawah ini!

Jam Buka – Tutup

Kamu dapat mengunjungi Sangeh Monkey Forest pada pukul 08.00 – 16.00 WITA. Jam padat pengunjung dari tempat wisata ini adalah pada siang hari. 

Waktu terbaik untuk mengunjungi Sangeh Monkey Forest Bali adalah saat pagi hari, karena suasana masih sejuk dan sinar matahari tidak terlalu terik.

Harga Tiket Masuk Ke Sangeh Monkey Forest

Jika kamu berminat untuk mengisi liburan kamu dengan mengunjungi Sangeh Monkey Forest, kamu akan dikenakan biaya tiket. Untuk kategori Dewasa dikenakan biaya sebesar Rp 30.000/orang untuk wisatawan mancanegara, Rp 15.000/orang untuk domestik. Sedangkan untuk anak – anak akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000/orang bagi wisatawan mancanegara, sedangkan Rp 5.000/orang untuk domestik.

Aktivitas di Sangeh Monkey Forest Bali

Terdapat beberapa aktivitas yang kamu dapat lakukan di objek wisata ini seperti:

1. Berinteraksi Dengan Kera 

Di objek wisata ini, kamu dapat berinteraksi lanngsung dengan kera – kera yang terdapat di objek wisata tersebut. Kamu dapat memberi mereka makanan seperti ubi manis atau pisang, kera – kera itu akan seringkali langsung mengambil makanan dari tangan kamu. Kegiatan ini akan memberikan kamu pengalaman yang unik dan tidak terlupakan.

2. Menikmati Keindahan Alam & Budaya Bali

Hutan Sangeh atau yang biasa disebut dengan Sangeh Monkey Forest tumbuh pepohonan Pala yang lebat dan rindang. Pepohonan yang rindang menciptakan suasana yang asri dan sejuk, kamu dapat berjalan – jalan di jalan setapak untuk mengeksplorasi alam.

Selain itu, kamu juga dapat merasakan budaya bali dengan mengunjungi Pura Bukit Sari dan berinteraksi dengan warga setempat.

3. Fotografi

Sangeh Monkey Forest adalah tempat yang ideal untuk fotografi alam dan selfie dengan kera. Kamu akan banyak memiliki foto – foto yang indah pastinya instagramable selama kunjungan kamu.

Sangeh Monkey Forest Bali merupakan salah satu tempat wisata alam yang harus kamu kunjungi bila sedang berada di Bali. Kamu dapat berinteraksi dengan kera hingga menjelajahi keindahan alam, setiap sudutnya penuh dengan pesona yang tak terlupakan. Dengan akses yang mudah, waktu operasional yang panjang, dan berbagai kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan, perjalanan ke Sangeh Monkey Forest akan menjadi pengalaman yang unik dan mengesankan bagi kamu.

SEMOGA BERMANFAAT !