Danau Beratan Bedugul Bali : Info Harga Tiket Masuk, Alamat dan Aktifitas

0
177
Pura Danau Beratan Bedugul Bali
Pura Danau Beratan Bedugul Bali - istock

Saat berwisata di Bali dan sudah bosan dengan pantai ada baiknya jika kamu mengunjungi salah satu objek wisata danau di Tabanan Bali. Namanya adalah Danau Beratan Bedugul. Mari kita eksplorasi lebih dalam tentang pesona dan kegiatan yang bisa dinikmati di tempat ini, termasuk alamatnya, jam buka-tutup, dan harga tiket masuk.

Selain itu, karena kepopuleran yang luar biasa, Danau Beratan Bedugul menjadi tujuan utama liburan di Bali yang selalu penuh dengan kunjungan wisatawan hampir setiap harinya. Bahkan saat musim sepi di pulau Bali, kehadiran wisatawan tetap menjadikan danau Beratan di Bedugul sebagai tempat yang ramai.

Sebelum Anda memulai liburan ke Danau Beratan di Bedugul, Bali, penting untuk memperoleh beberapa informasi yang dapat membantu Anda dalam merencanakan perjalanan di pulau ini.

  • Destinasi wisata alami danau di Bali.
  • Daya tarik menarik dari Danau Beratan Bedugul.
  • Opsi tempat wisata dan kegiatan sekitar Danau Bratan Bedugul.
  • Alamat dan peta lokasi yang tertera.
  • Destinasi searah dan terdekat yang layak dikunjungi.
  • Cara paling efektif menuju lokasi.
  • Rincian harga tiket masuk untuk Pura Ulun Danu Beratan Bedugul.
  • Informasi tentang harga sewa perahu untuk mengelilingi Danau Bratan Bedugul.

Pesona Danau Beratan Bedugul Bali

Nama asli danau ini sebenarnya bukanlah Danau Bedugul, melainkan Danau Beratan atau Bratan. Namun, karena berada di wilayah objek wisata Bedugul, banyak wisatawan lebih akrab menyebutnya sebagai Danau Bedugul.

Daya tarik utama Danau Bratan meliputi:

  1. Pemandangan Pura di Tengah Danau: Salah satu daya tarik utama adalah keberadaan Pura Ulun Danu Bratan Bedugul yang berada di tengah-tengah danau.
  2. Udara Sejuk Pegunungan: Dengan ketinggian sekitar 1.239 meter di atas permukaan laut, Danau Bratan menawarkan udara pegunungan yang sejuk saat mengunjungi Pura Ulun Danu Beratan.
  3. Curah Hujan Tinggi: Bedugul memiliki curah hujan yang tinggi karena lokasinya di pegunungan, jadi sebaiknya siapkan payung atau jas hujan.
  4. Keanekaragaman Alam: Area danau Bratan memiliki pemandangan berwarna-warni bunga, pepohonan cemara yang rimbun, serta rerumputan hijau.
  5. Kehadiran Hewan: Di dalam kompleks objek wisata Pura Ulun Danu Beratan Bedugul, terdapat rusa dan kijang yang dapat dilihat.
  6. Fasilitas Lengkap: Fasilitas yang memadai seperti area parkir, toilet, dan taman bermain anak-anak tersedia di sini.
  7. Kebersihan Terjaga: Area perkebunan dirawat dengan baik dan kebersihan tempat wisata dijaga dengan baik.
  8. Toko Souvenir dan Restoran: Terdapat toko-toko kecil yang menjual oleh-oleh khas Bali serta restoran buffet, seperti Mentari Restoran Bedugul. Selain itu, warung dan restoran dengan beragam menu makanan juga dapat ditemukan di sekitar danau Bedugul.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan banyak pilihan tempat menginap bagi mereka yang ingin menginap semalam di kawasan Bedugul, Bali.

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

Di tepi Danau Bratan, terdapat destinasi menarik yang tak boleh dilewatkan, yaitu Pura Ulun Danu Bratan Bedugul. Uniknya, pura ini berlokasi di tengah danau, menciptakan pemandangan yang sangat istimewa. Ketika permukaan air danau naik, Pura Ulun Danu Bratan Bedugul akan tampak terapung di atas air danau.

Pura Ulun Danu Beratan di Bedugul
Pura Ulun Danu Beratan di Bedugul – src : ulundanuberatan.com

Meskipun Bali memiliki berbagai objek wisata populer seperti Tanah Lot, Pantai Kuta, dan Pura Luhur Uluwatu, Pura Ulun Danu Bratan Bedugul tetap menjadi ikon pariwisata Bali. Anda mungkin pernah melihat gambar pura Danu Beratan di lembaran uang lama Rp 50.000.

Lebih lanjut, arsitektur Pura Ulun Danau Beratan khas Bali sangat mencolok. Pura ini memiliki bangunan atap bertingkat dan menara dengan tingkatan 11, 7, dan 3. Tingkatan menara ini mencerminkan kepercayaan umat Hindu di Bali terhadap tiga dewa:

  • Dewa Wisnu (11 tingkat).
  • Dewa Brahma (7 tingkat).
  • Dewa Siwa (3 tingkat).

Tak hanya di tepi Danau Beratan Bedugul, terdapat juga pura Hindu bernama Pura Ulun Danu di Kintamani, Kabupaten Bangli. Pura ini dikenal sebagai Pura Ulun Danu Batur. Jadi, jangan bingung antara kedua tempat wisata dengan nama serupa ini, karena meskipun memiliki nama yang mirip, keduanya berlokasi di dua tempat wisata yang berbeda dengan daya tarik yang berbeda pula.

Alamat

Danau Beratan Bedugul terletak di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Dengan lokasinya yang strategis, danau ini menawarkan pemandangan alam yang memesona dengan suasana sejuk dan hijau.

Berikut adalah peta Google alamat danau beratan :

Jam Buka-Tutup

Danau Beratan Bedugul dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore. Jadwal ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati keindahan danau baik di pagi hari maupun sore hari saat matahari terbenam.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Danau Beratan Bedugul bervariasi berdasarkan kategori pengunjung. Untuk wisatawan domestik, harga tiket berkisar antara Rp20.000 hingga Rp30.000, sedangkan untuk wisatawan internasional, harga tiket berkisar antara 50.000 hingga 80.000 rupiah. Harga tiket ini dapat berubah sewaktu-waktu, jadi pastikan untuk memeriksa informasi terbaru sebelum mengunjungi tempat ini.

Kategori Harga Tiket
Dewasa WNI Rp 30,000 / Orang
Anak WNI Rp 20,000 / Orang
Biaya parkir motor Rp 2,000 / motor
Biaya parkir mobil Rp 2,000 / mobil
Biaya parkir bus Rp 10,000 / bus.

Aktivitas di Danau Beratan Bedugul

Naik Perahu di Danau Beratan
Naik Perahu di Danau Beratan – src : longtripmania.org
  1. Menikmati Pemandangan: Danau Beratan Bedugul menawarkan pemandangan alam yang indah, terutama dengan latar belakang Gunung Bratan yang menjulang tinggi. Pengunjung bisa duduk santai di tepi danau sambil menikmati suasana damai.
  2. Berperahu di Danau: Anda juga bisa menyewa perahu tradisional atau kano untuk menjelajahi permukaan danau. Ini adalah cara yang sempurna untuk mendapatkan pandangan yang berbeda tentang keindahan danau dan sekitarnya.
  3. Mengunjungi Pura Ulun Danu Beratan: Di tepi danau, terdapat Pura Ulun Danu Beratan yang ikonik. Pura ini didedikasikan untuk Dewi Danu, dewi air, dan menjadi simbol spiritual dan religius bagi masyarakat Bali.
  4. Mengunjungi Kebun Raya Bedugul: Di dekat Danau Beratan, Anda juga dapat mengunjungi Kebun Raya Bedugul yang memiliki beragam koleksi tumbuhan langka dan eksotis.

Danau Beratan Bedugul adalah surga alam yang menawarkan kedamaian dan pesona alam yang tak tertandingi. Dari menikmati pemandangan hingga berperahu di danau, pengalaman di tempat ini akan meninggalkan kenangan yang tak terlupakan.

Dengan alamat yang mudah diingat, jam buka yang luas, dan beragam kegiatan menarik, Danau Beratan Bedugul adalah destinasi sempurna untuk merasakan keindahan alam Bali yang autentik.

-ART-