Rekomendasi 10+ Tempat Wisata di Tabanan

0
85
Jatiluwih Tabanan
Jatiluwih Tabanan

Tabanan – Apabila kamu sedang di Bali, kurang lengkap apabila kamu tidak mengunjungi tempat wisata yang ada di Tabanan. Tabanan adalah sebuah kabupaten yang terletak di bagian barat Bali, Indonesia. Daerah ini terkenal dengan pemandangan yang indah, budaya Bali tradisional, dan kegiatan pertanian. Berikut merupakan rekomendasi beberapa destinasi wisata di Tabanan yang wajib banget kamu kunjungi dengan keluarga, pasangan, dan teman – teman kamu!

Destinasi Wisata di Tabanan

Tanah Lot Bali 

Tanah Lot Bali
Tanah Lot Bali – Sumber : Istock

Tanah Lot adalah salah satu Pura di Bali yang terletak di atas batu karang besar di tepi pantai, dengan latar belakang lautan biru yang menjadikannya pemandangan menakjubkan. Pura Tanah Lot merupakan pesona utama tempat ini apalagi saat menyaksikan matahari terbenam atau sunset.

Baca Juga >> Tanah Lot Bali : Pesona Pura Tanah Lot, Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Tutup

Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan Bedugul
Danau Beratan Bedugul – Sumber : Istock

Danau Beratan Bedugul menjadi tujuan utama liburan di Bali yang selalu penuh dengan kunjungan wisatawan hampir setiap harinya. Apabila kamu mengunjung tempat wisata ini kamu akan dapat melihat sebuah Pura yang terletak di tengah laut, Pura itu adalah Pura Ulun Danu Beratan. Saat berkunjung ke Danau Beratan, kamu akan merasa nyaman karena kondisi yang sejuk karena terletak di ketinggian sekitar 1.239 meter di atas permukaan laut. Danau Beratan merupakan salah satu Tempat Wisata di Tabanan yang patut kamu kunjungi

Kebun Raya Bedugul 

Kebun Raya Bedugul Bali Tabanan
Kebun Raya Bedugul Bali Tabanan – Sumber : Istock

Taman Kebun Raya Eka Karya Bedugul adalah sebuah kebun raya yang terletak di Bedugul, Tabanan, Bali. Kebun raya ini sudah berdiri sejak tahun 1959 dan merupakan kebun raya pertama di Indonesia. Tujuan utamanya adalah sebagai pusat konservasi tumbuhan alami dan ekosistemnya. Kebun Raya Eka Karya terletak di kawasan Bedugul, di pegunungan Bali, sekitar 1.250 meter di atas permukaan laut. Lokasinya yang tinggi memberikan suasana sejuk dan udara segar. Kebun ini cocok kamu kunjungi karena menjadi salah satu Tempat Wisata di Tabanan yang populer.

Yeh Hoo Waterfall 

Air Terjun Yeh Hoo
Air Terjun Yeh Hoo – Sumber : Google

Air Terjun Yeh Hoo atau Yeh Hoo waterfall merupakan air terjun tujuan wisata di Bali yang tidak terlalu tinggi dengan kisaran tinggi 6 meter saja, akan tetapi kamu dapat melihat keindahan alam dari salah satu air terjun yang berada di sekitaran Jatiluwih. Walaupun tersembunyi, air terjun di Bali ini dapat kamu akses dengan mudah. Terletak di Gunungsari Umakayu, Desa Jatiluwih, Tabanan, Bali. Berjarak sekitar 2 jam dari Kuta, Denpasar, Bali.

Baca Juga >> 10+ Rekomendasi Air Terjun di Bali Yang Sering Dikunjungi

Jatiluwih Terrace Tabanan

Jatiluwih Bali Tabanan
Jatiluwih Bali Tabanan – Sumber : Istock

Jatiluwih adalah sebuah kawasan terasering sawah yang terletak di desa Jatiluwih, kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Pada tahun 2012, Jatiluwih diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Pengakuan ini menegaskan nilai budaya dan keberlanjutan ekologis dari sistem pertanian sawah terasering tradisional yang diterapkan oleh masyarakat setempat. Jatiluwih Terrace adalah Tempat Wisata di Tabanan yang populer bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam Bali.

Baca Juga >> 7 Pura di Bali yang Cantik dan Ikonik

Vihara Dharma Giri

Patung Buddha Vihara Dharma Giri
Patung Buddha Vihara Dharma Giri – Sumber : Istock

Vihara Dharma Giri, yang terletak di Kabupaten Tabanan, Bali, tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga menjadi destinasi wisata menarik. Terletak di Jalan Raya Pupuan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali, vihara ini menarik perhatian dengan adanya patung Buddha Tidur raksasa, yang merupakan satu-satunya di Bali. Patung Buddha Tidur di Vihara Dharma Giri memiliki panjang sekitar 15 meter dan tinggi sekitar 3 meter, dengan posisi yang menggambarkan Buddha sedang tidur, menyangga kepala dengan satu tangannya.

Taman Kupu – Kupu Bali Tabanan

Butterfly Park Bali Tabanan
Butterfly Park Bali – Sumber : Google

Selain destinasi seperti Ulun Danu Beratan, Tanah Lot, dan Jatiluwih, Kabupaten Tabanan juga menawarkan objek wisata menarik yaitu Taman Kupu-kupu atau Bali Butterfly Park. Salah satu daya tarik utama di taman ini adalah Kupu-kupu Sayap Surga. Taman Kupu-kupu Tabanan terletak di jalur Tabanan-Penebel. Selain dapat mengamati kupu-kupu secara dekat, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk melihat salah satu tahapan metamorfosis, mulai dari kepompong hingga menjadi kupu-kupu.

Museum Subak 

Museum Subak
Museum Subak Tabanan : Sumber : museum.kemdikbud.go.id

Museum Subak, yang terletak di Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali, Indonesia, menampilkan koleksi yang tentang sistem irigasi sawah tradisional Bali yang dikenal sebagai Subak. Terletak di Kota Tabanan, Provinsi Bali, museum ini memiliki fokus khusus pada sistem pertanian di Bali yang mencerminkan kemandirian dengan berlandaskan pada konsep “Tri Hita Krana,” yang menggambarkan keseimbangan antara tiga elemen penyebab kebahagiaan, yaitu Tuhan, manusia, dan alam.

Alas Kedaton Tabanan

Alas Kedaton Tabanan
Alas Kedaton Tabanan – Sumber : Istock

Pasti kamu sudah mengetahui tempat wisata Sangeh Monkey Forest dan juga Monkey Forest Ubud. Di Tabanan, kamu juga dapat melihat hutan yang ditinggali oleh banyak kera.Objek wisata ini merupakan kawasan hutan lindung yang dihuni oleh kawanan kera dan kelelawar. Alas Kedaton juga dapat menjadi tempat alternatif untuk Anda yang ingin healing dan mencari ketenangan di tengah padatnya rutinitas sehari-hari. Sebab, hutan yang masih terjaga kelestariannya menjadikan udara di kawasan ini sejuk.

Baca Juga >> Sangeh Monkey Forest Bali: Panduan Wisata 2024

Air Panas Penatahan 

Air Panas Penatahan Tabanan
Air Panas Penatahan – Sumber : Google

Apabila kamu sedang berada di Bali dan sudah bosan untuk berwisata di pantai dan gunung, kamu dapat mengunjungi Air Panas Penatahan. Salah satu tempat Wisata di Tabanan yang patut kamu kunjungi. Kamu dapat menghilangkan rasa penat dengan berendam santai di pemandian air panas ini. Pemandian air panas Penatahan ini bersumber dari mata air panas yang berada di tepi Sungai Yeh Ho dan air panas Yeh Panes. Air ini mengandung belerang dan diyakini bisa menyembuhkan sejumlah penyakit yang kam derita.

Secret Garden Village Bali

Secret Garden Village Bali
Secret Garden Village – Sumber : Google

Secret Graden Village Bali adalah salah satu tempat wisata yang terdapat di Tabanan tepatnya di Desa Luwus Bedugul. Terletak di atas tanah seluas kurang lebih 35.000 meter persegi. Tempat ini hanya berjarak 1 jam dari Bandara Internasional Ngurah Rai, 30 menit dari Ubud dan beberapa menit dari pilihan rekreasi dan fasilitas lainnya seperti Kebun Raya Bedugul, dan Pura Ulun Danu di Danau Beratan. Secret Garden Village dipadukan secara unik untuk memperlihatkan warisan Indonesia-Bali dan pemandangan Bedugul yang menakjubkan.

Nah sekian ulasan tentang beberapa Tempat Wisata di Tabanan yang patut kamu kunjungi apabila kamu sedang berada di Bali. Simak informasi menarik lainnya tentang tempat wisata di Bali selalu di infoseputarbali.com & Home Page Facebook Info Seputar Bali.

Semoga Bermanfaat!