Pura Batur : Pura Suci di Tepi Danau

0
74
Pura Batur
Pura Batur

Pura Batur –  Bali memang identik dengan pariwisatanya terutama wisata alamnya yang indah dan mempesona serta keunikan budayanya. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Bali juga terkenal dengan sebutan Pulau Seribu Pura karena sebagian besar penduduknya menganut agama hindu. Apabila kamu sedang mengunjungi Pulau Bali kamu akan melihat banyak pura, besar maupun kecil.

Terdapat Pura suci yang indah di tepi Danau Batur, tempat suci ini bernama Pura Batur. Pura ini merupakan salah satu Pura Kahyangan Jagat selain pura goa lawah yang merepresentasikan arah utara dan didedikasikan untuk memuja Dewa Wisnu dan Dewi Danu. Menurut Disparda, Pura Batur terdiri dari 9 kompleks pura berbeda, yang berisi total 285 pura yang didedikasikan untuk memuja Dewa dan Dewi air, pertanian, mata air suci, kerajian dan lain – lain.

Baca Juga >> Danau Beratan Bedugul Bali : Info Harga Tiket Masuk, Alamat dan Aktifitas

Sejarah Pura Batur

Pura Batur
Pura Batur – Sumber : detik.com

Awalnya, pada abad ke-14, pura ini didirikan sebagai penghormatan kepada dewa Wisnu dan dewi danau Dewi Danu. Pura Ulun Danu Batur, yang secara harfiah diterjemahkan sebagai “kepala danau,” menjadi kompleks pura kedua terpenting di Bali setelah Pura Besakih.

Danau Batur, sebagai danau terbesar di Bali, dianggap sangat penting sebagai sumber air untuk pertanian. Pendirian pura ini mencerminkan arti pentingnya air untuk kemakmuran penduduk desa dan masyarakat Bali secara keseluruhan.

Sebelum letusan Gunung Batur pada tahun 1917, Pura Batur dan desa Karang Anyar terletak di barat daya lereng Gunung Batur. Meskipun tragedi ini menelan banyak korban, aliran lahar hitam berhenti di pintu gerbang Pura Ulun Danu Batur.

Pada tahun 1926, Gunung Batur meletus lagi dan sayangnya menghancurkan seluruh desa Karang Anyar. Meskipun lava mencapai arah pura, namun meru tingkat 11 di pura ini tetap berdiri. Penduduk Karang Anyar pun pindah tempat tinggal, dan pada tahun ini pula, warga sekitar melakukan relokasi pura.

Daya Tarik Wisata

Pura Ulun Danu Batur
Ulun Danu Batur Temple – Sumber : bobobox

Pemandangan Alam 

Pemandangan indah yang ditawarkan oleh pura ini, akan membuat kamu terpesona. Hamparan danau terluas di Bali, Danau Batur dan juga pemandangan Gunung Batur cocok untuk dijadikan tempat berfoto dan di upload di media sosial kamu.

Arsitektur Pura Batur

Memiliki arsitektur yang kuno namun tetap cantik dan indah. Pura Batur terbagi menjadi beberapa pura yaitu:

  • PURA PENATARAN AGUNG BATUR
  • PURA TIRTA BUNGKAH
  • PURA TAMAN SARI dan PURA TIRTA MAS MAMPEH
  • PURA SAMPIAN WANGI
  • PURA GUNARALI
  • PURA PADANG SILA
  • PURA TULUK BIYU

Pura Penataran Agung Batur merupakan kompleks utama dari Pura Batur. Dalam kompleks Penataran terdapat beberapa bangunan Meru yang digunakan untuk memuja Dewa dan Dewi Air.

Di sudut barat laut terdapat kuil dengan patung berwarna-warni yang dibangun dengan gaya Cina dan didedikasikan untuk Ida Ratu Ayu Subandar, santo pelindung perdagangan dan ‘administrator’ para dewa.

Lokasi dan Rute Menuju Pura Batur

Pura ini terletak di Jl. Raya Kintamani, Batur Sel., Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Apabila kamu sedang berada di Buleleng, kamu akan menghabiskan waktu selama 1 jam 30 menit perjalanan. Jika kamu sedang berada di Ubud, kamu hanya menghabiskan waktu di jalan selama 1 jam, cukup dekat bukan ? Berikut merupakan panduan google maps menuju ke tempat suci ini.


Saat mengunjungi tempat suci ini kamu harus menggunakan pakaian yang sopan dan tidak boleh menyentuk apalagi sampai merusak fasilitas Pura.

Nah, berikut merupakan informasi terkait pura terbesar kedua di Bali, pura yang memiliki pemandangan indah yang pastinya akan memberikan kamu pengalaman yang tidak terlupakan saat berkunjung ke Pura ini.