Menikmati Keindahan Budaya di GWK Bali: Patung Garuda Wisnu Kencana

0
92
Patung Garuda Wisnu Kencana Bali
Patung Garuda Wisnu Kencana Bali - istock

Bali, sebagai salah satu destinasi pariwisata terkenal di Indonesia, memiliki banyak daya tarik untuk wisatawan dari berbagai belahan dunia. Salah satu tempat yang tak boleh dilewatkan adalah Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali.

Daya tarik GWK Bali bukan hanya sebuah patung megah setinggi 121 meter dan lebar 64 meter, melainkan juga kompleks budaya yang memukau dengan berbagai aktifitas menarik. Mari kita eksplor lebih dalam tentang GWK Bali, termasuk alamatnya, jam buka-tutup, harga tiket masuk, dan aktifitas yang bisa dinikmati di tempat ini.

Pintu Masuk GWK Bali
Pintu Masuk GWK Bali – istock

Sejarah Garuda Wisnu Kencana Bali

Inilah sejarah singkat Taman Budaya GWK, sebuah tempat wisata yang penuh makna. Proyek pembangunan GWK Bali diprakarsai oleh Yayasan Garuda Wisnu Kencana pada tahun 1992, dengan tekad menjadikan tempat ini sebagai Landmark budaya yang mengagumkan di mata dunia.

Salah satu tokoh utama dalam pendirian yayasan ini adalah I Nyoman Nuarta, yang tidak hanya menjadi salah satu pendiri, tetapi juga konseptor dan arsitek di balik keindahan patung GWK.

Namun, menemukan lokasi ideal untuk proyek sebesar Taman Budaya GWK bukanlah perkara sederhana. Setelah konsep proyek siap, diperlukan waktu dua tahun untuk menemukan lokasi yang ideal bagi patung GWK yang akan menjulang megah. Sebelum proyek GWK Bali dimulai, lokasi ini di bukit Ungasan sebenarnya digunakan untuk penambangan batu kapur.

Pencapaian besar dilakukan oleh Yayasan ini dengan menunjuk I Nyoman Nuarta sebagai pematung utama dalam proyek Taman Budaya GWK. Ia diakui sebagai salah satu pematung modern terbaik di Indonesia, dan ini merupakan pilihan tepat untuk menghidupkan konsep menjadi kenyataan.

Pada tahun 2013, manajemen Taman Budaya GWK beralih ke tangan PT Alam Sutera Realty Indonesia, perusahaan pengembang properti ternama di Indonesia. Seiring berlalunya waktu, GWK Bali telah berkembang menjadi pusat pameran budaya, penyelenggaraan acara, serta hiburan yang menarik. Tempat ini menjadi wadah vital informasi dan komunikasi bagi budaya lokal, nasional, regional, hingga internasional.

Alamat GWK Bali

GWK Bali terletak di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kabupaten Badung, Bali. Lokasinya yang strategis  dan memiliki luas sekitar 240hektar, memberikan akses mudah untuk para pengunjung dari berbagai penjuru pulau.

Dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Anda dapat mencapai GWK Bali dalam waktu sekitar 30 menit dengan mobil (Tergantung dari tingkat kepadatan arus lalu lintas).

Jam Buka-Tutup

GWK Bali beroperasi setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam 09:00 – 21:00, setiap hari. Jam operasional yang panjang memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati GWK baik di pagi hari dengan udara segar, maupun di malam hari saat patung dan kompleksnya diterangi cahaya yang indah.

Patung GWK Bali
Patung GWK Bali – istock

Ada Venue Apa Saja di Area Garuda Wisnu Kencana?

Selain pengunjung dapat melihat patung Garuda Wisnu Kencana yang megah, terdapat juga beberap venue yang bisa dinikmati selama berwisata di area GWK.

Berikut adalah beberapa venue tersebut :

Wisnu Plaza Street Theatre
Lotus Pond Amphitheatre
Exhibition Hall Indraloka Garden
Kura-Kura Plaza Restoran Jendela Bali
Restoran The New Beranda Boutique dan Toko Souvenir

Jadwal Pertunjukan Kesenian di GWK Bali

Jam Acara Harian Tempat
11:00 Tari Sekar Jepun, Tari Kebyar Duduk, Topeng Kenyum Manis Amphitheatre
12:00 Tari Jauk Keras, Tari Oleg Tamulilingan, Tari Kebyar Duduk Amphitheatre
13:00 Tari Sekar Jepun, Tari Jauk Manis Amphitheatre
14:00 Topeng Monyer, Tari Jauh Manis Amphitheatre
15:00 Tari Barong, Tari Oleg Tamulilingan Amphitheatre
16:00 Tari Joged Bumbung Amphitheatre
17:00 Parade Budaya Bali Lotus Pond
18:00 Pementasan Tari Kecak Garuda Wisnu Lotus Pond

 

Catatan :

  • Pertunjukan atau parade tergantung dari cuaca setiap harinya
  • Semua pertunjukan sudah termasuk di dalam harga tiket masuk

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke kompleks GWK Bali dapat berbeda-beda tergantung pada kategori pengunjung dan paket yang dipilih.

Berikut adalah harga tiket yang dikutip dari website resmi gwkbali.com :

Paket Bundling Ultimate : Rp300.000 per tiket

Sudah termasuk :

  • 1 (satu) tiket masuk ke Taman Budaya GWK
  • GRATIS menonton film animasi “Petualangan Garuda Cilik” di Garuna Sineloka Mini Cinema
  • Fantasi Garuda – Tur Berpandu ke Lantai 23 Patung Garuda Wisnu Kencana untuk 1 (satu) orang – berdasarkan jadwal yang dipilih
  • 1 (satu) Minuman Penyegar di Restoran Jendela Bali
  • AKSES GRATIS ke ASANA Artseum (Studio Foto Tematik Pertama di Bali)
  • GRATIS menikmati 15 Pertunjukan Budaya (dimulai dari pukul 11.00)

Tiket Masuk Reguler : Rp115.000 per tiket

Sudah termasuk :

  • 1 (satu) tiket masuk ke Taman Budaya GWK (anak/orang dewasa/manula)
  • GRATIS menonton film animasi “Petualangan Garuda Cilik” di Garuda Sineloka Mini Cinema AKSES
  • GRATIS ke ASANA Artseum (Studio Foto Tematik Pertama di Bali)
  • 1 (satu) Minuman Penyegar di Restoran Jendela Bali
  • GRATIS menikmati 15 Pertunjukan Budaya (dimulai dari pukul 11.00)

Pengunjung juga bisa memilih paket keluarga atau paket dengan fasilitas tambahan yang mungkin ditawarkan oleh pihak GWK Bali.

Beli tiket langsung di website resmi https://ticket.gwkbali.com/regular-ticket

Aktifitas di GWK Bali

  1. Menyaksikan Patung Garuda Wisnu Kencana: Tentu saja, highlight utama GWK Bali adalah patung Garuda Wisnu Kencana yang menjulang tinggi. Patung ini menggambarkan sosok Garuda, burung mitos dalam budaya Hindu, yang sedang membawa Wisnu, dewa pemelihara dalam agama Hindu. Patung ini bukan hanya simbol budaya Bali, tetapi juga merupakan karya seni monumental yang menakjubkan.
  2. Menjelajahi Area Taman Budaya: Selain patung utama, kompleks GWK juga memiliki taman budaya yang luas. Pengunjung dapat menjelajahi area ini yang didekorasi dengan berbagai elemen seni dan patung-patung lain yang menggambarkan cerita-cerita Hindu. Pengunjung dapat berjalan kaki atau menggunakan kendaraan buggy shuttle dengan tambahan biaya Rp40.000 per tiket.
  3. Menyaksikan Pertunjukan Seni dan Budaya: Di GWK Bali, seringkali diadakan pertunjukan seni dan budaya, seperti tarian tradisional Bali dan pameran seni lokal. Ini adalah kesempatan yang bagus untuk lebih mendalam dalam kebudayaan Bali dan Indonesia secara umum. Salah satu pertunjukan yang sering dipentaskan adalah pertunjukan Tari Kecak yang terkenal.
  4. Kuliner dan Belanja: Di dalam kompleks, terdapat area kuliner dan toko-toko suvenir yang menjual berbagai barang kerajinan tangan khas Bali. Ini adalah tempat yang sempurna untuk mencicipi hidangan lezat Bali dan mendapatkan kenang-kenangan unik sebagai bukti kunjungan Anda.
  5. Aktivitas Rekreasi: Bagi pengunjung yang lebih berani, GWK Bali juga menawarkan beberapa aktivitas rekreasi, seperti flying fox dan taman bermain bagi anak-anak. Ini memberikan variasi yang menyenangkan untuk keluarga dan pengunjung yang ingin merasakan adrenalin.

GWK Bali adalah destinasi yang menggabungkan keindahan seni, budaya, dan rekreasi dengan sempurna. Dari patung megah Garuda Wisnu Kencana hingga pertunjukan seni dan aktivitas rekreasi, tempat ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung.

Dengan alamat yang mudah dijangkau, jam operasional yang luas, dan beragam kegiatan yang ditawarkan, GWK Bali layak menjadi bagian dari rencana perjalanan Anda saat berkunjung ke pulau dewata, Bali.

-ART-