Pulau Nusa Penida : Objek Wisata dan Nusa Penida Trip

Nusa Penida

Pulau Nusa Penida : Objek Wisata dan Nusa Penida Trip – Nusa Penida adalah sebuah pulau kecil tapi cantik yang terletak di sebelah tenggara dari Pulau Bali. Daerah ini menjadi milik Kabupaten Klungkung yang memiliki luas sekitar 210 kilometer. Pulau ini merupakan bagian dari Kepulauan Nusa, yang juga mencakup Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Nusa Penida adalah yang terbesar di antara ketiga pulau tersebut dan dikenal karena pemandangannya yang akan membuat kamu terkesima, tebing-tebing yang menakjubkan, dan pantai-pantainya yang indah. Berikut ini terdapat beberapa objek wisata yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Nusa Penida.

Transportasi Menuju ke Pulau Nusa Penida 

Apabila kamu ingin berkunjung ke pulau yang indah ini, kamu hanya dapat menggunakan trasportasi laut. Terdapat 4 pelabuhan utama di Pulau Nusa Penida yaitu

1. Toya Pakeh

Pelabuhan ini terletak di bagian barat dari pulau ini. Biasanya para wisatawan akan berlabuh di pelabuhan ini jika berangkat dari pelabuhan Sanur. Kamu dapat memulai Nusa Penida Trip dimulai dari pelabuhan ini lalu kamu dapat mengunjungi beberapa objek wisata terdekat seperti Crystal Bay, lalu kamu dapat menginap di Nusa Penida Hotel seperti Pramana Natura Nusa Penida yang terletak di wilayah timur dari pulau Nusa Penida.

2. Dermaga Nyuh

Apabila kamu ingin tour 1 hari di Nusa Penida, biasanya kamu akan diarahkan untuk berlabuh di pelabuhan ini. Pelabuhan ini hanya berjarak sekitar 30 menit dari Pelabuhan Sanur. Nusa Penida Trip kamu akan dimulai dari pelabuhan ini lalu kamu akan berkunjung ke Kelingking Beach, Broken Beach dan Angel’s Billabong.

3. Sampalan

Pelabuhan yang Terletak di wilayah timur dari pulau ini. kamu hanya menghabiskan waktu sekitar 40 menit dari Pelabuhan Sanur. Nusa Penida Trip kamu akan dimulai dengan objek wisata terdekat dari pelabuhan ini yaitu Atuh Beach, Gua Giri Putri, dan Bukit Teletubbies.

4. Buyuk

Pelabuhan ini adalah salah satu pelabuhan yang melayani Nusa Penida Trip wilayah timur. Kamu dapat mengunjungi beberapa objek wisata yang dekat dengan pelabuhan ini seperti Diamond Beach, Atuh Hill, Peguyangan Waterfall dan juga Pantai dan Hutan Tembeling.

Baca Juga: Fast Boat Sanur : Dari Sanur Ke Nusa Penida

Objek Wisata Nusa Penida

1. Kelingking Beach 

Nusa Penida Kelingking Beach
Kelingking Beach | Sumber : Penulis

Pantai Kelingking adalah pantai yang menakjubkan dan ikonis yang terletak di pulau Nusa Penida, Bali, Indonesia. Kamu pasti mengetahui tentang pantai ini, formasi tebingnya yang unik menyerupai seperti T-Rex menjadikan pantai satu ini menjadi sangat terkenal dikalangan wisatawan, yang menjadi salah satu daya tarik utama bagi pengunjung di area tersebut. Nama “Kelingking” berarti jari kelingking dalam bahasa Indonesia, dan tebing tersebut memang menyerupai bentuk jari kelingking ketika dilihat dari sudut tertentu. Tempat wisata ini terletak di sebelah barat dari pulau Nusa Penida.

2. Broken Beach & Angel’s Billabong

Broken Beach, Nusa Penida
Broken Beach | Sumber : Istock

Pantai Broken, atau “Pasih Uug” dalam Bahasa Bali adalah salah satu tujuan wisata populer karena pemandangan yang memukau dan lanskap yang memiliki ciri khas tersendiri. Nama “Broken Beach” berasal dari formasi batu seperti jembatan ini memiliki celah, menciptakan kesan jembatan yang “patah”. Kamu akan terkesima melihat pemadangan yang diberikan oleh tempat ini.

Para Wisatawan sering menikmati pemandangan panorama laut dan tebing sekitarnya dari bagian atas jembatan alami tersebut. di Broken Beach banyak spot foto yang dapat kamu coba, menarik bukan ?

Angel’s Billabong, Nusa Penida
Angel’s Billabong | Sumber : Pinterest

Terdapat juga destinasi wisata lain di dekat Broken Beach, yaitu Angel’s Billabong.

Angel’s Billabong adalah kolam air alami yang terletak di pulau Nusa Penida, dekat Bali, Indonesia. Tempat ini terkenal karena keindahan alamnya yang memukau dan airnya yang jernih. Istilah “billabong” berasal dari Australia dan mengacu pada kolam air yang tidak mengalir, seringkali terbentuk di dasar sungai.

3. Goa Giri Putri 

Goa Giri Putri, Nusa Penida
Wanita yang sedang berdiri di tengah – tengah Goa Giri Putri | Sumber : Instagram @skyfrost

Goa Giri Putri adalah sebuah gua suci yang berlokasi di pulau Nusa Penida, dekat Bali, Indonesia. Tempat spiritual dan unik ini terkenal karena kebermaknaan keagamaannya dan keindahan alamnya.

Pintu masuk ke Goa Giri Putri relatif kecil, dan pengunjung harus merangkak melalui lorong sempit untuk mencapai bagian dalam gua. Begitu masuk, gua membuka diri menjadi ruang yang luas dan terang, menciptakan atmosfer yang tenang dan mistis. Gua ini dihiasi dengan patung-patung Hindu, ikon-ikon, dan sebuah pura suci, mencerminkan pentingnya secara keagamaan bagi masyarakat Hindu Bali setempat.

Gua ini didedikasikan untuk Dewa Shiva, salah satu dewa utama dalam Hinduisme, dan berfungsi sebagai tempat untuk meditasi dan doa. Para peziarah dan pengunjung sering datang ke Goa Giri Putri untuk mencari pengalaman spiritual dan berkah.

Pelinggih Dewi Kuan In
Pelinggih Dewi Kuan In di Pura Goa Giri Putri | Sumber : Pinterest

Apabila kamu berkunjung ke gua ini, kamu akan merasakan suasana magis yang sangat kental di tempat ini. Tertarik untuk mengunjungi Gua Giri Putri ?

4. Crystal Bay

<yoastmark class=

Crystal Bay adalah pantai yang indah dan situs penyelaman populer yang terletak di pantai barat laut Nusa Penida, dekat Bali, Indonesia. Teluk ini terkenal karena airnya yang jernih berwarna turquoise, terumbu karang yang indah, dan kehidupan laut yang beragam, menjadikannya destinasi favorit bagi penyelam dan penggemar snorkeling. Bagi kamu yang memiliki kegemaran untuk snorkeling atau sekadar mencari pengalaman pantai yang indah dan tenang, Crystal Bay adalah destinasi yang wajib dikunjungi di Nusa Penida.

5. Diamond Beach 

Diamond Beach
Diamond Beach | Sumber : Pinterest

Salah satu objek wisata yang indah dan relatif baru di pulau Nusa Penida, Bali, Indonesia. Terletak di dekat Pantai Atuh di pantai timur Nusa Penida. Kamu pasti sering melihat postingan orang – orang di media sosial yang berfoto di tempat tersebut. Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini ?

Diamond Beach terkenal karena pasir putihnya yang memukau dan air laut berwarna turquoise yang jernih, menciptakan pemandangan yang menawan dan indah. Pantai ini menawarkan pemandangan laut yang menakjubkan dari Samudera Hindia dan tebing karst unik yang mengelilinginya. Spot foto yang paling diminati oleh para wisatawan adalah di tangga menuju pantai

6. Pantai Atuh

Atuh Beach
Atuh Beach | Sumber : Pinterest

Pantai Atuh adalah salah satu destinasi indah di pulau Nusa Penida, dekat Bali, Indonesia.  Pantai Atuh menawarkan pemandangan yang memukau dengan pasir putih dan air laut yang jernih.

Tebing-tebing karst yang menjulang tinggi, mengelilingi pantai ini menciptakan latar belakang yang menarik. Pemandangan di Pantai Atuh terkenal akan keindahan alamnya yang masih alami, serta keheningan dan ketenangan yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

7. Atuh Hill

Bukit Atuh
Bukit Atuh | Sumber : Istock

Atuh Hill, adalah salah satu destinasi yang populer di pulau Nusa Penida, dekat Bali, Indonesia. Bukit ini menawarkan pemandangan spektakuler dari tebing-tebing karst, laut biru yang memukau, dan keindahan alam sekitarnya.

Bukit Atuh juga dikenal sebagai lokasi yang bagus untuk menikmati matahari terbenam yang mempesona. Ketika matahari mulai tenggelam di cakrawala, warna-warni langit dan laut menciptakan pemandangan yang tak akan kamu lupakan.

8. Bukit Teletubbies

Teletubbies Hill
Teletubbies Hill | Sumber : Pinterest@jonnymelon

Bukit Teletubbies  terletak di Desa Tanglad, Nusa Penida bagian timur. Bukit ini mendapatkan julukan tersebut karena bentuk tanahnya yang melandai dan hijau, mirip dengan lanskap yang sering terlihat di acara televisi anak-anak “Teletubbies.”

Kamu akan melihat pemandangan yang indah dengan padang rumput yang luas dan langit yang terbentang. Para wisatawan sering datang ke sini untuk menikmati keindahan alam, bersantai, dan mengabadikan momen indah dengan panorama bukit yang unik.

9. Tembeling Beach and Forest

Tembeling Beach
Pantai Tembeling | Sumber : Istock

Tembeling Beach and Forest adalah objek wisata alam yang terletak di Nusa Penida sebelah selatan. Pantai dan Hutan Tembeling dikenal karena keindahan alamnya, menggabungkan pantai yang bersih dengan vegetasi hijau yang lebat di sekitar hutan. Pantai Tembeling adalah permata tersembunyi dengan atmosfer yang tenang.

Hutan Tembeling
Hutan di Tembeling Beach | Sumber : Pinterest

Kamu dapat menjelajahi Hutan Tembeling yang banyak terdapat keragaman flora yang indah. Hutan ini kaya akan keanekaragaman hayati, dengan berbagai jenis pohon dan vegetasi.

10. Peguyangan Waterfall

<yoastmark class=

Peguyangan Waterfall, atau lebih dikenal dengan nama Peguyangan Water Temple, adalah salah satu objek wisata yang terletak di Nusa Penida bagian selatan. Namun, perlu diingat bahwa Peguyangan Water Temple bukanlah air terjun tradisional, melainkan terletak di kawasan pesisir dan memiliki tangga panjang yang menuju ke air suci di tepi laut.

Di Peguyangan Water Temple, kamu dapat menikmati pemandangan tebing, laut, dan tangga yang indah. Tangga ini terdiri dari sejumlah anak tangga yang curam dan merupakan akses ke air suci di bawahnya. Saat turun tangga, kamu akan disuguhkan pemandangan yang menajubkan. Air suci di sini dianggap memiliki kekuatan spiritual dan diyakini oleh masyarakat setempat.

Baca Juga >> 10+ Rekomendasi Air Terjun di Bali Yang Sering Dikunjungi

Nah, sekian dari artikel ini apabila kamu sedang berada di Bali, sempatkan waktumu untuk mengunjungi Pulau kecil yang cantik ini. Simak terus artikel menarik yang akan menambah wawasan kamu tentang pulau bali di infoseputarbali.com

Berita Terkait

Berita terbaru dari kategori terkait.

Bali Farm House

Informasi Harga Tiket Masuk dan Daya Tarik Bali Farm House

July 16, 2024

Bali Farm House adalah tempat wisata baru yang menarik di Bali, menawarkan pengalaman unik yang berbeda dari tempat wisata lainnya. Tempat wisata ini menawarkan pengalaman unik berinteraksi dengan hewan – hewan ternak dan pemandangan alam Bali yang indah. Bagi kamu... Selengkapnya

Selengkapnya
Pura Batur

Pura Batur : Pura Suci di Tepi Danau

January 16, 2024

Pura Batur –  Bali memang identik dengan pariwisatanya terutama wisata alamnya yang... Selengkapnya

Jatiluwih Tabanan

Rekomendasi 10+ Tempat Wisata di Tabanan

January 5, 2024

Tabanan – Apabila kamu sedang di Bali, kurang lengkap apabila kamu tidak... Selengkapnya

Ubud

10+ Destinasi Wisata di Ubud yang Paling Hits & Instagramable!

December 29, 2023

10+ Destinasi Wisata di Ubud yang Paling Hits & Instagramable! – Apabila... Selengkapnya