10+ Destinasi Wisata di Ubud yang Paling Hits & Instagramable!

0
105
Ubud

10+ Destinasi Wisata di Ubud yang Paling Hits & Instagramable! – Apabila kamu sedang di Bali, kurang lengkap apabila kamu tidak mengunjungi Ubud. Ubud merupakan suatu desa di tengah – tengah pulau Bali yang terkenal dengan keindahan dan keunikannya. Perpaduan antara wisata alam dan budaya, membuat Ubud Bali menjadi salah satu daerah yang wajib buat kamu kunjungi. Berikut merupakan rekomendasi beberapa destinasi wisata di Ubud Bali yang wajib banget kamu kunjungi dengan keluarga, pasangan, dan teman – teman kamu!

Baca Juga >> 10+ Rekomendasi Air Terjun di Bali Yang Sering Dikunjungi

Destinasi Wisata Ubud Bali 

Monkey Forest Ubud Bali

Ubud Monkey Forest
Ubud Monkey Forest – Sumber : Istock

Tempat wisata yang paling populer di Ubud. Monkey Forest Ubud Bali merupakan area hutan yang ditinggali oleh ratusan kera abu-abu berkepala panjang. Namun, keindahan tempat ini tak hanya sebatas pada keberadaan kera-kera tersebut. Di samping menikmati interaksi dengan kera, kamujuga bisa menemukan lebih dari 186 jenis tumbuhan dan pepohonan yang tumbuh subur di sini. Di dalam hutan ini, terdapat tiga Pura Hindu yang memiliki makna mendalam bagi masyarakat setempat. Salah satu pura yang paling penting adalah Pura Dalem Agung Padangtegal, yang menjadi pusat kegiatan di dalam kompleks Mandala Wisata Wenara Wana Ubud. Harga tiket masuk ke Ubud Monkey Forest dapat bervariasi tergantung pada kategori pengunjung. Secara umum, harga tiket berkisar antara Rp60.000 hingga Rp80.000 untuk wisatawan dewasa WNI lalu antara Rp80.000 hingga Rp100.000 untuk wisatawan dewasa WNA dan sekitar 60.000 hingga 80.000 rupiah untuk anak-anak.

Baca Juga >> Monkey Forest Ubud Bali : Alamat, Harga Tiket Masuk dan Aktifitas

Cafe Lotus 

Cafe Lotus
Cafe Lotus – Sumber : Pinterest

Cafe Lotus di Ubud, Bali, adalah sebuah kafe populer yang terletak di pusat Ubud. Tempat ini terletak di kawasan yang sama dengan Pura Taman Saraswati dan juga berdekatan dengan Puri Ubud dan juga Pasar Seni Ubud. Cafe ini menyajikan berbagai hidangan, mulai dari hidangan lokal hingga internasional. Menu makanannya melibatkan kombinasi hidangan tradisional Bali dan hidangan kontemporer. Terkenal juga dengan kue-kue dan kopi yang lezat. Tempat ini sering menjadi pilihan yang populer untuk wisatawan yang ingin mengalami keindahan alam Ubud sambil menikmati hidangan dan suasana Cafe yang unik.

Pura Taman Saraswati

Pura Taman Saraswati Ubud Bali
Pura Taman Saraswati – Sumber : Istock

Pura Taman Saraswati terletak di Jalan Raya Ubud, di pusat Ubud. Lokasinya sangat strategis, sehingga banyak wisatawan yang mengunjungi pura ini. Pura ini terkenal karena arsitektur dan desainnya yang indah. Pura ini didedikasikan untuk pemujaan Dewi Saraswati, dewi pengetahuan, seni, dan kebijaksanaan dalam tradisi Hindu. Pada pura ini juga terdapat taman teratai indah yang menambah kesan estetik dan menajubkan. Disini kamu juga dapat menonton pertunjukkan seni tarian tradisional Bali, seperti tarian Legong dan tarian Barong. Pura Taman Saraswati di Ubud buka setiap hari, mulai pukul 09.30 hingga 17.30, untuk memasuki pura ini, kamu akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 20.000/orang untuk lokal, Rp. 30.000/orang untuk mancanegara.

Goa Gajah

Goa Gajah
Goa Gajah | Sumber : Istock

Goa Gajah adalah salah satu tempat religius yang sekaligus menjadi tempat wisata di Bali. Pura Goa Gajah termasuk dari salah satu pura tertua di Bali dengan desain arsitektur yang begitu unik dan cantik. Tempat wisata sekaligus religius ini terletak dekat dengan Ubud, di Kabupaten Gianyar, Desa Bedulu. Pura Goa Gajah memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, kamu akan melihat hal – hal yang berbeda dibandingkan pura lain di Bali. Arsitektur dari pura ini sangat menawan, kamu akan melihat candi – candi kuno yang menakjubkan dengan arsitektur yang indah. Bagian luar pura dihiasi dengan ukiran-ukiran yang artistik, termasuk relief Ganesha dan berbagai motif Hindu dan Buddha.

Untuk kamu yang ingin melihat keindahan dari Goa Gajah, kamu akan dikenakan tiket sebesar Rp 30.000/orang untuk wisatawan domestik sedangkan untuk wisatawan asing dikenakan biaya tiket sebesar Rp 50.000.  Bagi kamu yang membawa kendaraan akan dikenai tarif parkir sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk sepeda motor.

Baca Juga >> Goa Gajah : Perpaduan Antara Harmonisasi 2 agama

Air Terjun Tegenungan

Tegunungan Waterfall- Sumber: Istock

Air Terjun Tegenungan adalah salah objek wisata alam yang terletak di daerah Ubud, tepatnya di Desa Kemenuh Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Untuk menuju ke lokasi salah satu objek wisata ini, kamu hanya menghabiskan waktu sekitar 20 menit atau sama dengan 10 KM dari pusat Ubud. Salah satu air terjun yang terkenal dan paling sering dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Menjadi air terjun yang tertinggi di kawasan sekitarnya, Air Terjun Tegenungan memiliki ketinggian 15 meter.

Banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan di lokasi Air Terjun Tegenungungan, seperti berfoto di berbagai macam spot foto yang Instagramable!. Terdapat juga beberapa restoran disekitaran lokasi air terjun. D’Tukad River Club dan OMMA Day Club menjadi restoran yang paling terkenal di sekitaran area air terjun.

Air terjun indah ini buka pada setiap hari pada pukul 06.30 sampai 18.30 Wita. Waktu terbaik kamu untuk mengunjungi Air Terjun ini adalah di pukul 07.00 Wita karena cuaca disana tidak terlalu panas. Pukul 16.30 juga direkemondasikan untuk kamu yang ingin datang di sore hari agar matahari tidak terlalu terik. Biaya tiket yang perlu dikeluarkan adalah sebesar Rp 20.000/orang untuk masuk ke lokasi Air. Terdapat biaya tiket tambahan sebesar Rp 20.000/orang apabila kamu berniat untuk ke atas Air Terjun ini.

Baca Juga >> Air Terjun Tegenungan : Pesona Wisata Air Terjun dari Bali

Bukit Campuhan Ubud Bali

Bukit Campuhan
Bukit Campuhan – Sumber : Istock

Salah satu destinasi wisata yang sedang populer dan cocok untuk berfoto di Bali terletak di Ubud, Gianyar, yaitu Bukit Campuhan. Bukit Campuhan terkenal karena memiliki jalur setapak yang dikelilingi oleh keindahan alam yang hijau. Terletak di Jalan Bangkiang Sidem, Kelusa, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali. Bukit Campuhan menawarkan pengalaman yang memukau bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam Bali khususnya di Ubud.

Jika kamu berencana untuk mengunjungi Bukit Campuhan, kamu tidak akan dikenakan biaya tiket masuk. Bukit Campuhan buka 24 jam sehari. Waktu terbaik untuk mengunjungi adalah di pagi hari, ketika udara masih segar dan lingkungan alam sekitar dapat dinikmati dengan lebih baik.

Taman Dedari 

Taman Dedari
Taman Dedari – Sumber : Instagram @tamandedari

Taman Dedari merupakan tempat wisata yang baru didirikan di Ubud Bali. Resto sekaligus taman ini sering dijadikan sebagai tempat berlangsungnya acara seperti pertemuan, live music dan juga tempat Prewedding. Daya tarik utama tempat ini adalah patung bidadari atau dalam Bahasa Bali disebut dengan istilah “Dedari” setinggi 10 meter. Taman Dedari adalah tempat yang patut kamu kunjungi bersama pasangan, keluarga ataupun pasanganmu untuk sekedar bersantai dan juga menyantap hidangan khas Bali. Kamu juga dapat berfoto di patung dedari yang ikonik dan Instagramable!.

Museum Arma 

Museum Arma
Arma Museum – Sumber : arma.com

Terdapat museum yang mengagumkan di Ubud Bali, salah satunya adalah Museum ARMA (Agung Rai Museum of Art) yang berlokasi di Jl. Raya Pengosekan Ubud, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571. Selama berkunjung ke Museum ARMA, kamu akan dapat menyaksikan berbagai lukisan khas Bali dari berbagai waktu. Selain itu, kamu juga  dapat menikmati pemandangan kolam teratai dan tanaman anggrek yang tersusun rapi dan indah, yang dipadukan dengan ukiran patung khas Bali. Museum ini beroperasi dari jam 09.00 hingga 18.00 Wita setiap harinya. Untuk masuk, dikenakan biaya sebesar Rp 50.000 per orang.

Puri Ubud Bali 

Puri Ubud
Puri Ubud – Sumber : Istock

Kamu akan dengan cepat melihat destinasi wisata ini begitu memasuki pusat kota Ubud. Tidaklah mengherankan karena keindahan arsitekturnya yang megah dengan sentuhan warna emas yang berkilau pasti akan menarik perhatian kamu. Tempat ini dikenal sebagai Puri Saren Agung atau lebih populer dengan nama Puri Ubud, yang merupakan kediaman dan pusat kegiatan para bangsawan Ubud. Setiap malam pukul 19.30 Wita, pertunjukan tarian seperti Tari Barong atau Tari Legong Keraton diselenggarakan di sini. Lokasinya berada di pusat Jalan Raya Utama Ubud, dan yang menarik, tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi istana ini.

Pasar Seni Ubud Bali

Pasar Seni Ubud
Pasar Seni Ubud – Sumber : Istock

Pasar Seni Ubud menjadi tempat utama untuk membeli oleh-oleh khas Bali di wilayah Ubud. Sesuai dengan namanya, di sini kamu dapat memperoleh berbagai karya seni yang diciptakan oleh masyarakat Bali. Barang-barang yang tersedia di pasar ini mencakup berbagai pilihan seperti kaos dengan motif sablon topeng barong Bali, perhiasan berupa cincin dan kalung perak bergaya khas Bali, kain pantai, makanan ringan khas Bali, lukisan, patung dengan ukiran khas Bali, dan berbagai barang lainnya.

Nah, sekian ulasan 10+ Destinasi Wisata di Ubud yang Paling Hits & Instagramable!. Apabila kamu sedang menghabiskan liburan di Bali, kamu wajib banget untuk mengunjungi Ubud Bali. Simak terus artikel informatif lainnya tentang tempat wisata yang ada di Bali di Info Seputar Bali.

Semoga Bermanfaat!

Baca Juga >> Eksplorasi Nikmatnya Kopi di Surga Bali