Pura Goa Lawah : Tempat Suci Dengan Seribu Kelelawar

0
70
Pura Goa Lawah
Pura Goa Lawah | Sumber : Pinterest

Pura Goa Lawah : Tempat Suci Dengan Seribu Kelelawar – Pulau Bali memang terkenal akan tempat sakralnya yang indah. Hal tersebut menjadikan para wisatawan tertarik untuk mengunjungi tempat suci itu untuk berwisata religius serta mengabadikan momen disana. Salah satu tempat suci yang menyimpan banyak keunikan adalah Pura Goa Lawah atau sering disebut Goa Lawah Cave.

Pura Goa Lawah adalah sebuah pura yang berada di dalam goa yang terletak di Pulau Dewata. Pura ini sangat unik, karena di tempat tersebut tinggal ribuan kelelawar. Terletak di Desa Pasinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali.

Sejarah Goa Lawah 

Awalnya Goa Lawah hanya sebuah goa yang dihuni oleh banyak kelelawar, lalu tempat pura ini didirikan oleh pendeta terkenal yang bernama Mpu Kuturan. Proses pendirian pura ini dilakukan pada tahun 929 saka atau abad ke 10 masehi. Pada abad ke-14 Masehi, terjadi restorasi dan perluasan kompleks pura ini. Menurut kepercayaan masyarakat lokal, lorong gua ini terhubung dengan mulut Gua Raja di Kompleks Pura Besakih yang berjarak sekitar 30 kilometer. Namun, pada tahun 1917 terjadi sebuah gempa sehingga membuat lorong tertutupi reruntuhan.

Kehadiran Mpu Kuturan membawa perubahan yang sangat besar di Bali khususnya di daerah Goa Lawah. Mpu Kuturan mengajarkan masyarakat Bali kuno tentang cara membuat pemujaan terhadap Sang Hyang Widhi yang dikenal dengan sebutan kahyangan atau parahyangan.

Nama Goa Lawah berasal dari bahasa Bali, di mana “Goa” berarti gua, dan “Lawah” berarti kelelawar. Jadi, secara harfiah, “Goa Lawah” dapat diterjemahkan sebagai Gua Kelelawar atau Bat Cave dalam bahasa Inggris.

Pura ini pada zaman penjajahan menjadi pusat peperangan Perang Kusamba. Perang Kusamba merupakan sebuah perang antara pemerintahan Belanda yang dipimpin oleh Mayor Jenderal Andreas Victor Michiels melawan rakyat dari kerajaan Klungkung yang dipimpin oleh Ratu Dewa Agung Istri Kanya.

Daya Tarik Goa Lawah 

Kelelawar di Goa Lawah
Kelelawar di Goa Lawah | Sumber : Istock

Daya tarik utama dari Goa lawah, adalah kamu dapat melihat ratusan sampai ribuan kelelawar yang hidup berabad – abad disana. Ukiran dan ornamen – ornamen yang memperindah bangunan Pura Goa Lawah memiliki karakteristik arsitektur Bali yang khas, menciptakan daya tarik tersendiri bagi kamu yang berkunjung ke tempat suci ini.

Selain memiliki keunikan dari arsitektur pura dan juga terdapat ribuan kelelawar, di sebelah selatan dari pura terdapat pantai yang menarik untuk kamu kunjungi. Pantai itu adalah Pantai Pesinggahan.

Pemandangan Pura Goa Lawah
Pemandangan Pura Goa Lawah | Sumber : Istock

Kamu dapat mengunjungi tempat suci ini pada setiap harinya dari pagi sampai sore hari. Waktu terbaik untuk kamu mengunjungi Goa Lawah adalah pada saat pagi hari karena sinar matahari tidak terlalu terik.

Rute Lokasi 

Kamu tidak akan kesusahan untuk menemukan lokasi dari tempat suci dan unik ini, karena Pura Goa Lawah terletak di jalan utama. Apabila kamu sedang berada di Denpasar dan berniat untuk mengunjungi Pura Goa Lawah, kamu akan menghabiskan 1 jam perjalanan melalui Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra yang berjarak 36 Km.

Agar tidak kesusahan mencari lokasinya, kamu tinggal melihat panduan lokasi dari Google Maps di bawah ini.

Harga Tiket Masuk 

Apabila kamu ingin memasuki area Pura Goa Lawah, kamu akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 20.000/orang untuk dewasa sedangkan bagi wisatawan mancanegara akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 30.000/orang.

Bagi kamu yang membawa anak – anak, anak kamu akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp 10.000/orang. Sedangkan bagi anak wisatawan mancanegara akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000/orang.

Kamu juga perlu membayar biaya parkir untuk kendaraan yang kamu bawa. Untuk parkir motor dikenakan tarif parkir sebesar Rp 2.000, sedangkan untuk mobil dikenakan biaya Rp 5.000.