7 Pura di Bali yang Cantik dan Ikonik

0
112
Pura Lempuyang Luhur
Pura Lempuyang Luhur | Sumber: Pinterest @jhonnisinaga

7 Pura di Bali yang Cantik dan Ikonik – Bali terkenal dengan keunikannya dan budaya yang luhur, terdapat  banyak destinasi wisata di pulau ini seperti pantai – pantai yang indah dan air terjun yang indah. Selain wisata alam yang indah, Bali juga menawarkan sejumlah destinasi wisata seni dan budaya yang akan menarik perhatianmu.

Pura di Bali merupakan salah satu warisan budaya dari pulau ini. Pura-pura ini memiliki peran budaya dan spiritual yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Bali. Tempat suci ini memiliki arsitektur yang indah, seringkali terletak di lokasi spektakuler, dan menjadi daya tarik wisata populer. Berikut merupakan rekomendasi Pura di Bali yang patut kamu kunjungi, yuk di simak !

Cek juga  >> 10+ Rekomendasi Air Terjun di Bali Yang Sering Dikunjungi

1. Pura Besakih

Pura di Bali Pura Besakih
Mother Temple Besakih | Sumber: Istock

Pura Besakih, yang disebut sebagai Mother Temple, merupakan pura terbesar dan paling suci di Bali, berlokasi sekitar 3000 kaki di atas Gunung Agung. Kompleks pura ini sangat luas yang terdiri dari 1 pura pusat dan 18 pura pendamping, menjadikannya pusat keagamaan utama umat Hindu di Bali. Terletak di Desa Besakih, Karangasem, Pura Agung Besakih adalah destinasi wisata pura yang wajib kamu kunjungi bila sedang berada di Bali. Kompleks pura ini sangat besar, sehingga perlu waktu yang cukup lama untuk menjelajahi seluruh kawasan salah satu pura terindah di Bali ini. Pura Penataran Agung yang megah dapat ditemukan di dalam kompleks dan dapat diakses melalui serangkaian anak tangga yang cukup banyak. Namun, usahamu akan sebanding dengan pemandangan yang menakjubkan begitu kamu mencapai puncak. Selain itu, jangan lupakan untuk mengunjungi Pura Pengubengan yang terletak di lereng Gunung Agung, tempat suci tersebut juga menawarkan pemandangan luar biasa.

2. Pura Lempuyang Luhur 

Pura di Bali Pura Lempuyang Luhur
Lempuyang Luhur Temple | Sumber: Istock

Pura Lempuyang Luhur merupakan pura tertinggi dan tertua di Bali. Berdiri kokoh pada ketinggian 1.175 meter di atas permukaan laut dan pura ini sudah ada pada abad ke-8 yang didirikan oleh seorang pendeta Hindu terkemuka bernama Dang Hyang Nirartha. Pura ini terletak di Kabupaten Karangasem, timur laut Bali, dan menjadi tujuan wisata populer karena pemandangan yang menakjubkan dan Gerbang Surga yang ikonik. Jika kamu ingin mengunjungi ke Pura Luhur Lempuyang kamu harus melewati sekitar 1700 anak tangga dengan kurun waktu sekitar 1 setengah jam. Bagaimana? kamu berminat untuk mengunjungi Pura Lempuyang Luhur ?

Lokasi : Desa Lempuyang, Seraya Bar., Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali 

3. Pura Taman Ayun

Pura di Bali Pura Taman Ayun
Pura Taman Ayun | Sumber: Istock

Salah satu pura terindah yang di Bali. Pura Taman Ayun merupakan bangunan suci yang didirikan oleh Raja kerajaan Mengwi pada tahun 1634. Pura ini sudah berdiri selama 4 abad dan masih kokoh sampai sekarang. Daya tarik dari tempat suci ini adalah pura ini seakan – akan terlihat seperti pura yang mengambang di atas air. kenapa bisa begitu ? karena terdapat parit yang mengelilingi area pura ini. Kamu akan terpesona melihat pemandangan indah yang diberikan Pura Taman Ayun

Lokasi : Jl. Ayodya No.10, Mengwi, Kec. Mengwi, Kabupaten Badung, Bali

4. Pura Pulaki

Pura Pulaki
Pulaki Temple | Sumber : Instagram @gerke_house

Pura Pulaki adalah salah satu bangunan suci yang terkenal di Bali yang terletak di wilayah Kabupaten Buleleng, di pantai barat laut pulau ini. Bangunan ini memiliki ciri khas tersendiri dan menawarkan pengalaman yang unik kepada para pengunjung. Kisah berdirinya Pura Pulaki tidak terlepas dari sejarah perjalanan Dang Hyang Nirartha dari Blambangan (Jawa Timur) ke Dalem Gelgel (Bali), pada masa pemerintahan Dalem Cri Waturenggong (1460-1550 M). Pura Pulaki adalah salah satu destinasi yang unik di Bali yang menggabungkan unsur alam, keagamaan, dan budaya dalam satu tempat. Pura ini adalah tempat yang menarik untuk kamu mengamati dan menghormati warisan agama dan alam Bali yang kaya. Kamu dapat mengunjungi pura ini selama 24 jam, menarik bukan ?

Lokasi : Jl. Singaraja-Gilimanuk, Banyupoh, Kec. Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali

5. Pura Melanting

Pura Melanting
Pura Melanting | Sumber : Pinterest

Salah satu Pura di Bali yang cantik dan indah, terletak di sebelah barat kota Singaraja. Bangunan suci ini akan memberimu suasana yang tenang karena berada di tengah hutan bukit Pemuteran. Pura ini memiliki sejarah yang unik berhubungan dengan perjalanan pendeta agama Hindu Dang Hyang Niratha dari tanah jawa. Pura Melanting ini, identik sebagai tempat untuk memuja Ida Bhatari Melanting atau Dewi Melanting memohon kemakmuran, kesuburan, keselamatan dan agar dilancarkan dalam usaha dagang.

Lokasi : Seririt, Jl. Raya Gilimanuk, Banyupoh, Kec. Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali 

6. Pura Goa Lawah

<yoastmark class=

Pura Goa Lawah adalah salah satu pura yang sangat menarik di Bali, yang terletak di Kabupaten Klungkung di pantai timur pulau ini. tempat suci ini memiliki sejarah dan budaya yang kaya, serta ciri khas yang unik. Tempat suci ini ditinggali oleh kelelawar yang jumlahnya sampai ribuan, keren bukan ? Untuk masuk ke area pura, kamu akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp15.000/orang. Kamu berminat untuk mengunjungi Pura Goa Lawah ?

Lokasi : Jl. Raya Goa Lawah, Pesinggahan, Kec. Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali 

7. Pura Goa Gajah

<yoastmark class=

Pura Goa Gajah, juga dikenal sebagai “Elephant Cave,” adalah situs pura bersejarah yang terletak di Ubud, Bali. Tempat suci ini memiliki karakteristik yang unik dan bersejarah serta merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Bali. Daya tarik utama ini adalah gerbang masuk ke dalam pura. Gerbang atau pintu masuk menuju gua ini dihiasi dengan ukiran pada permukaan batu yang membentuk gambar wajah dengan rongga mulut terbuka lebar. Kamu akan terpesona dengan kecantikan arsitektur yang diberikan oleh Pura Goa Gajah

Lokasi : Bedulu, Kec. Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali