Pura Melanting : Pura Tempat Pemujaan Dewi Uang

0
567
Pura Melanting
Pura Melanting | Sumber : Instagram @putu_subada_kusuma

Pura Melanting : Pura Tempat Pemujaan Dewi Uang – Apakah kamu mengetahui tentang Pura Melanting ? yuk disimak artikel ini apabila kamu belum mengetahui salah satu pura tercantik di Bali.

Pura Melanting merupakan salah satu pura yang terletak di ujung utara pulau Bali tepatnya di Kabupaten Buleleng. Pura ini termasuk Pura Kahyangan Jagat, memiliki fungsi yang sama dengan Pura Besakih.

Umat Hindu yang ada di Pulau Bali meyakini bahwa pura ini adalah tempat untuk memuja dewi uang. Dewi ini bernama Ida Bhatari Melanting atau sering disebut Dewi Melanting. Umat Hindu di Bali melakukan persembahyangan di tempat suci ini untuk memohon kemakmuran, kesuburan, keselamatan dan agar dilancarkan dalam usaha dagang.

Tidak hanya digunakan untuk persembahyangan bagi umat hindu, pura ini juga menjadi destinasi bagi para wisatawan, karena pura ini memiliki arsitektur dan ornamen yang cantik dan megah.

Sejarah Pura Melanting

Pura ini memiliki sejarah yang unik berhubungan dengan perjalanan pendeta agama Hindu Dang Hyang Niratha dari tanah jawa. Dang Hyang Niratha memiliki putri sulung yang bernama Ida Ayu Swabawa yang sangat pandai berniaga dan mengajarkannya kepada penduduk sekitar lokasi pura.

Menurut cerita, Ida Ayu Swabawa dahulu diberikan tugas oleh ayahnya, Dang Hyang Niratha, untuk merawat ibunya yang sedang hamil tua saat mereka dalam perjalanan ke arah timur. Namun, karena ibunya tidak sanggup melanjutkan perjalanan, mereka memutuskan untuk beristirahat di daerah yang kini menjadi area Pura Melanting.

Dengan keahlian yang dimiliki Ida Ayu Swabawa, tempat tinggal mereka menjadi pusat perdagangan yang maju. Tetapi, karena ayahnya tidak kunjung datang kembali, ibunya meminta kepada dewa agar diberi kehidupan yang kekal untuk tetap menunggu.

Permohonan yang tulus itu akhirnya diterima oleh para dewa. Namun, terdapat persyaratan yang harus dipenuhi, yakni bahwa mereka tidak akan dapat dilihat oleh manusia lain yang masih hidup. Ida Ayu Swabawa, ibunya, dan seluruh penduduk desa tersebut hidup abadi, tetapi tidak dapat dilihat oleh orang-orang biasa.

Pura Melanting diperuntukkan sebagai tempat pemujaan Ida Ayu Swabawa yang ditujukan bagi orang – orang yang berprofesi sebagai pedagang atau memiliki keterikatan dengan suatu karya. Ida Ayu Swabawa dianggap sebagai sosok Dewi yang melambangkan rejeki dan kemakmuran.

Daya Tarik Pura Melanting

Pura ini tidak hanya diperuntukkan sebagai tempat persembahyangan, tetapi juga destinasi wisata religius bagi para wisatawan, karena pura di Bali ini memiliki tampilan yang cantik dan indah. Pura Melanting terletak di tengah hutan pada kaki bukit Pemuteran. Karena keasrian alam di sekitar lokasi pura, suasana di tempat suci ini sangat sejuk. Kamu dapat menghilangkan stress sambil berwisata religius.

Pura Melanting memiliki desain arsitektur yang sangat indah dan mewah. Bangunannya terbuat dari batu hitam yang membuat bangunan pura terlihat semakin megah. Untuk menuju ke area pura, kamu harus menaiki anak tangga yang cukup panjang. Namun, kelelahanmu selama melewati tangga akan terbayar karena keindahan dari pura ini.

Salah satu daya tarik utama pura ini yang menarik banyak pengunjung adalah dekorasi yang indah di sekitar tangga. Di bagian bawah tangga, terdapat sepasang patung naga berwarna emas yang sangat memukau. Warna ini dikombinasikan dengan nuansa warna lain yang menambah pesona estetikanya. Ornamen ini juga merupakan lokasi yang sempurna untuk mengambil foto Instagram yang menarik.

Rute Lokasi

Lokasi Pura Melanting ini terletak di Jalan Raya Gilimanuk, Desa Banyupoh, Gerokgak, Buleleng, Bali. Tempat suci memiliki lokasi strategis karena terletak di dekat jalan raya. Apabila kamu berada di Denpasar kamu akan menghabiskan waktu perjalanan untuk menuju ke Pura Melanting selama 2 jam 45 menit dengan jarak tempuh 124 Km. Jika kamu sedang berada di Kota Singaraja, kamu akan menghabiskan waktu perjalanan selama kurang lebih 1 jam dengan jarak tempuh 50 Km.

Agar kamu tidak kebingungan untuk mencari lokasi pura ini, kamu dapat melihat panduan Google Maps yang sudah disediakan di bawah ini.

Cek juga >> Rekomendasi Tempat Wisata di Buleleng Bali 2023

Harga Tiket Masuk

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Pura Melanting, kamu tidak akan dikenakan biaya tiket masuk namun kamu hanya cukup untuk membayar tarif parkir. Untuk mobil dikenakan biaya sebesar Rp10.000, sedangkan untuk kendaraan sepeda motor, kamu cukup membayar sebesar Rp5.000.

Pura ini dapat dikunjungi selama 24 jam, kamu sebaiknya mengunjungi tempat suci ini di antara pukul 07.00 Wita – 18.00 Wita.

Pada Pulau Bali banyak terdapat pura yang cocok untuk dijadikan tempat wisata religius, salah satunya adalah Pura Melanting yang terkenal akan kecantikan dan sejarahnya. Kamu tertarik untuk mengunjungi pura ini ?

Semoga Bermanfaat