Tanah Lot Bali : Pesona Pura Tanah Lot, Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Tutup

0
118
Pura Tanah Lot Bali di Atas Karang Tepi Pantai
Pura Tanah Lot Bali di Atas Karang Tepi Pantai - src : istock

Bali, destinasi pariwisata yang penuh pesona, memiliki begitu banyak tempat indah untuk dieksplorasi. Salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan adalah Tanah Lot, sebuah destinasi yang memikat dengan keindahan alam dan kebudayaan yang tak tertandingi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai aspek tentang Tanah Lot, termasuk pesona utamanya, alamat, jam buka-tutup, harga tiket masuk, dan beragam aktivitas yang dapat dinikmati di sana.

Pesona Utama Tanah Lot

Tanah Lot adalah salah satu Pura di Bali yang terletak di atas batu karang besar di tepi pantai, dengan latar belakang lautan biru yang menjadikannya pemandangan menakjubkan. Pura Tanah Lot merupakan pesona utama tempat ini apalagi saat menyaksikan matahari terbenam atau sunset.

Sunset di Tanah Lot Bali
Sunset di Tanah Lot Bali – src : istock

Saat matahari merunduk di cakrawala, suasana magis diciptakan dengan siluet pura yang berdiri teguh di atas karang, ditemani suara ombak yang tenang. Moment ini adalah salah satu momen yang paling dicari oleh pengunjung, menghasilkan foto-foto spektakuler dan kenangan tak terlupakan.

Alamat Tanah Lot Bali

Tanah Lot terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Alamatnya yang mudah diingat dan diakses membuatnya menjadi destinasi favorit para wisatawan.

Bagi mereka yang sering berlibur, memiliki pengetahuan tentang jarak dan waktu tempuh perjalanan antara berbagai lokasi sangatlah penting. Hal ini juga berlaku saat Anda berlibur di Bali. Mengetahui jarak dan waktu tempuh antar tempat wisata di Bali akan membantu Anda merencanakan itinerari liburan yang lebih efisien.

Di bawah ini adalah beberapa contoh jarak dan waktu tempuh menuju Pantai Tanah Lot dari lokasi-lokasi wisata terkenal di selatan Bali:

  • Jika Anda menginap di salah satu hotel di sekitar Pantai Kuta, perjalanan menuju Pantai Tanah Lot akan memakan waktu sekitar 1 jam 15 menit dengan jarak sekitar 20 kilometer.
  • Jika Anda berangkat dari tempat wisata Garuda Wisnu Kencana, perjalanan menuju Pantai Tanah Lot akan memerlukan waktu sekitar 1 jam 30 menit dengan jarak sekitar 35 kilometer.
  • Jika Anda memulai perjalanan dari area Pura Uluwatu, waktu yang diperlukan untuk mencapai Pantai Tanah Lot adalah sekitar 1 jam 45 menit dengan jarak perjalanan sekitar 43 kilometer.
  • Jika Anda berangkat dari area Pura Taman Ayun, perjalanan menuju Pura Tanah Lot akan memakan waktu sekitar 45 menit dengan jarak sekitar 18 kilometer.
  • Untuk perjalanan dari area wisata Canggu, jarak ke Pura Tanah Lot relatif dekat. Sebagai contoh, perjalanan dari Echo Beach Canggu ke Pura Tanah Lot hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit dengan jarak sekitar 12 kilometer, tergantung tingkat kemacetan lalu lintas. Echo Beach Canggu juga dikenal sebagai Pantai Batu Mejan.
  • Sementara itu, untuk perjalanan dari Bandara Ngurah Rai, waktu yang diperlukan menuju Pura Tanah Lot adalah sekitar 1 jam 20 menit.

Mengetahui jarak dan waktu tempuh ini akan membantu Anda mengatur waktu dengan lebih baik saat menjelajahi berbagai destinasi di Bali.

Jam Buka-Tutup

Tanah Lot dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 7 malam. Untuk anda yang ingin melakukan persembahyangan, Pura Tanah Lot buka 24jam. Jam buka yang panjang ini memberikan pengunjung kesempatan untuk mengeksplorasi pura dan menikmati pemandangan sepanjang hari.

Jika melakukan perjalanan wisata di Bali ke beberapa tempat disarankan untuk menjadikan Tanah Lot sebagai destinasi terakhir guna dapat menyaksikan sunset. Sebaiknya anda datang sekitar pukul 4 sore atau 16:00

Baca juga : Harga Tiket Masuk Monkey Forest Ubud

Wisatawan Ramai Berkunjung ke Objek Wisata Pura Luhur Tanah Lot di Kabupaten Tabanan Bali
Wisatawan Ramai Berkunjung ke Objek Wisata Pura Luhur Tanah Lot di Kabupaten Tabanan Bali – src : istock

Harga Tiket Masuk Tanah Lot Bali

Harga tiket masuk ke Tanah Lot bervariasi tergantung pada kategori pengunjung. Untuk wisatawan dewasa domestik, tiket masuk biasanya sekitar Rp20.000, sementara untuk wisatawan internasional, harga tiket berkisar antara Rp60.000. Harga tiket anak-anak biasanya lebih murah.

Berikut daftar harga tiket masuk Tanah Lot Untuk Wisatawan

Kategori Harga Tiket Masuk
Dewasa WNI Rp 20.000 / Orang
Anak WNI (5-10 tahun) Rp 15.000 / Orang.
Dewasa WNA Rp 60.000 / Orang
Anak WNA (5-10 tahun) Rp 30.000 / Orang
Parkir Motor Roda Dua Rp 2.000 / 1 Motor.
Parkir Mobil Roda Empat Rp 5.000 / 1 Mobil.
Parkir Bus Rp 10.000 / 1 Bus.
Photoshoot Rp 500.000.
Videoshoot Rp 2.000.000.
Drone Rp 500.000.

Aktivitas di Tanah Lot

Selain menikmati pesona matahari terbenam yang memukau, ada banyak aktivitas lain yang dapat dinikmati di Tanah Lot:

  1. Menikmati Sunset: Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam atau sunset yang sangat indah. Anda dapat mengambil swafoto atau selfie dengan latar belakang siluet pura tanah lot saat sunset. Dijamin akan membuat teman-teman anda di media sosial ingin sekali mengunjungi tempat ini atau objek wisata Bali lainnya seperti Pura Uluwatu atau Danau Beratan Bedugul. Jangan lupa berdoa saat anda berwisata ke tanah lot agar langit cerah dan tidak mendung.
  2. Berdoa dan Meditasi: Pura ini memiliki nilai spiritual yang tinggi bagi umat Hindu. Anda bisa merasakan ketenangan dan melakukan meditasi di sini.
  3. Belanja dan Kuliner: Di sekitar area Tanah Lot, terdapat pasar yang menjual oleh-oleh khas Bali dan berbagai restoran yang menawarkan hidangan lezat.
  4. Upacara Keagamaan: Anda mungkin beruntung menyaksikan upacara keagamaan yang diadakan di pura pada hari-hari tertentu. Ini memberikan wawasan unik tentang budaya Bali.

Tanah Lot adalah surga yang menggabungkan alam, budaya, dan spiritualitas. Dengan matahari terbenam yang memukau, pemandangan laut yang menakjubkan, dan aktivitas yang beragam, destinasi ini menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjungnya.

Dengan akses mudah dan jam buka yang panjang, Tanah Lot adalah tempat yang sempurna untuk menikmati keindahan Bali yang khas.

-ART-