Air Terjun Sekumpul, Hidden Gem Dari Bali Utara

0
118
Air Terjun Sekumpul
Air Terjun Sekumpul | Sumber: Istock

Air Terjun di Bali yang dapat kamu kunjungi di wilayah Bali Utara salah satunya yaitu Air Terjun Sekumpul. “hidden gem” ini terletak di Desa Bebetin, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. 

Objek wisata air terjun ini memiliki ketinggian hampir mencapai 90 meter ! sangat tinggi bukan ? Hal tersebut membuat Air Terjun Sekumpul menjadi salah satu Air Terjun yang tertinggi di Bali.

Sejarah Air Terjun Sekumpul

Dilihat dari namanya, Air Terjun Sekumpul terdiri dari kata “sekumpul” yang berarti Air Terjun Sekumpul terdiri dari tujuh air terjun yang terletak di satu area yang sama. Namun, terdapat versi asal – usul yang berbeda. Air Terjun Sekumpul adalah air terjun yang kembar dengan lokasi yang berdekatan.

Sekumpul Waterfall
Air Terjun “kembar” Sekumpul | Sumber: Istock

Walaupun dikatakan kembar, kedua air terjun ini memiliki perbedaan sumber mata air. Air terjun yang kiri bersumber dari sungai sedangkan air terjun yang terletak di sebelah kanan bersumber dari mata air alami.

Daya Tarik Dari Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul menjadi salah satu Air Terjun di Bali yang memiliki ketinggian hampir mencapai 90 meter dengan kedua aliran air terjun tersebut bersatu di tengah yang menciptakan pemandangan yang menakjubkan dan juga kamu akan juga melihat pelangi yang disebabkan oleh bersatunya kedua aliran dari Air Terjun Sekumpul itu, keren bukan ?

Panorama Indah Sekumpul Waterfall
Panorama Indah Sekumpul Waterfall | Sumber: Istock

Selain memberikan daya tarik utama dari aliran airnya, air terjun ini dikelilingi hutan dan bebatuan yang menciptakan lanskap yang akan memanjakan mata kamu dengan keindahan. Kamu bisa berselfie-ria dengan keluarga, sahabat atau pasanganmu di air terjun yang indah ini.

Baca Juga >> 10+ Rekomendasi Air Terjun di Bali Yang Sering Dikunjungi

Akses dan Rute ke Menuju Lokasi Objek Wisata

Dilihat dari lokasinya, objek wisata air terjun ini terletak Desa Bebetin, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Jika kamu berada di Kota Denpasar dan ingin mengunjungi objek wisata air terjun ini, perjalanan akan ditempuh 2 jam 30 menit atau sama dengan 75 Km. Agar kamu dapat dengan mudah menemukan lokasi air terjun, kamu dapat mengakses Google Maps di bawah ini 

Untuk mencapai air terjun, kamu akan menempuh perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 300 meter melalui hutan dari pintu masuk kawasan wisata.

Selama perjalanan, kamu akan menikmati pemandangan hutan yang indah. Jalur yang dilalui terdiri dari anak tangga beton yang telah dipersiapkan oleh pengelola dengan pegangan yang kokoh yang dipastikan aman untuk kamu dan pengunjung lainnya.

Sekitar 350 hingga 365 anak tangga akan dilewati oleh kamu selama perjalanan . Pada saat kamu melangkah melalui anak tangga, suara gemuruh air terjun semakin kuat, memberikan kamu suntikan adrenalin untuk mencapai tujuan.

Perjalanan akan berlanjut dengan menuruni anak tangga, kemudian pengunjung akan menyeberangi sungai kecil melalui jembatan kayu yang telah disediakan sebelum akhirnya tiba di lokasi air terjun. Di kawasan wisata ini, terdapat juga air terjun lain yang dapat dieksplorasi oleh pengunjung.

Rute Menuju Sekumpul Waterfall
Rute Menuju Air Terjun | Sumber: Istock

Harga Tiket Masuk dan Paket Wisata

Loket Masuk Air Terjun Sekumpul
Loket Masuk Air Terjun | Sumber: Befreetour

Air terjun ini buka setiap hari pada pukul 08.00 – 17.00 WITA. Harga tiket masuk ke objek wisata ini hanya dibanderol sebesar Rp10.000/orang untuk domestik sedangkan Rp20.000/orang untuk wisatawan asing.

Harga tiket tersebut hanya digunakan untuk mengakses air terjun saja, jika kamu ingin mengeksplorasi lebih lanjut akan ada biaya tambahan yang dikenakan. Nantinya, kamu akan dibimbing oleh seorang pemandu.

Ada dua jenis trekking yang dapat dipilih.

Untuk medium trekking, diperlukan pembayaran sebesar Rp125.000 dan long trekking sebesar Rp200.000. Harga tersebut sudah mencakup biaya pemandu wisata.

Selain itu, bagi pengunjung yang membawa kendaraan, biaya parkir sebesar Rp2.000 dikenakan untuk kendaraan roda dua.

Sementara untuk kendaraan roda empat, dikenakan biaya sebesar Rp5.000.

Demikianlah keunikan dari air terjun ini, sebuah permata tersembunyi di Bali. Jika kamu berminat mengunjungi salah satu Air Terjun di Bali yang menawan ini, jangan lupa singgah ke Kabupaten Buleleng untuk menikmati keindahan air terjunnya.

Semoga Bermanfaat !