Makanan Khas Bali Enak dan Lezat, Wajib Coba!

0
134
Makanan Khas Bali
Makanan Khas Bali Enak dan Lezat, Wajib Coba! – Bali sangat terkenal dengan destinasi wisatanya. Tak sedikit wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke Bali untuk menikmati pemandangan alam yang menakjubkan. Selain itu, godaan makanan khas Bali juga mampu mencuri perhatian para wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk menikmati makanan khas Bali ini, karena hampir semua makanan ini harganya cukup terjangkau buat kamu nikmati.

Makanan Khas Bali yang Ikonik

1. Ayam Betutu

Ayama Betutu
Image via detik.com

Semua orang pasti pernah mendengar ayam betutu. Dengan melihat fotonya saja, nafsu makan meningkat secara drastis. Ayam betutu diolah dengan menggunakan bumbu rempah seperti serai, daun jeruk, daun salam, jahe, kunyit, kemiri, bawang merah, dan aneka rempah lainnya.

2. Sate Lilit

Sate lilit
Image via mpotimes.id

Sate lilit cukup berbeda dengan jenis sate yang biasa kamu temui. Jika biasanya sate ditusuk dengan menggunakan tusuk sate lalu di bakar, sate lilit dikepal pada batang serai menggunakan daging ayam atau ikan yang sudah digiling. Kombinasi daging dan kelapa parut membuat rasa sate lilit menjadi sangat gurih.

3. Nasi Campur Bali

Nasi Campur
Image via travellog.com

Makanan selanjutnya yang wajib kamu cobain adalah nasi campur. Makanan ini terdiri dari nasi putih, sate lilit khas Bali, ayam suwir, urap, lawar, sambal matah dan sambel embe. Pokoknya nasi dicampur dengan banyak kombinasi lauk dan sayuran dengan bumbu khas Bali. Cita rasanya tidak usah kamu pertanyakan, satu suap tidak akan cukup buat kamu.

4. Serombotan

Serombotan
Image via Isna Sutanto

Dari namanya saja sudah unik, apalagi rasanya. Serombotan terbuat dari sayuran seperti kacang panjang, bayam, kangkung, terong bulat, tauge, pare, dan buncis. Nah kemudian diberi bumbu kalas yang dibuat dari berbagai bahan rempah-rempah mulai dari bawang merah, bawang putih, kencur, lengkuas, kunyit, ketumbar, dan santan. Tidak cuma bumbu Kalas, bumbu kacang yang dicampurkan di dalam Serombotan akan membuat rasa dari makanan ini semakin lezat dan unik.

5. Lawar

Lawar Bali
Image via endus.tv

Lawar, salah satu makanan khas Bali yang terbuat dari sayuran. Sayuran seperti , sayur nangka, kacang panjang dan kelapa parut yang dicampur dengan bumbu khas daerah Bali. Ada beberapa jenis lawar yang bisa kamu temui di Bali, ada lawar kuwir yang isinya daging entok, lawar ayam, dan lawar babi. Kemudian ada lawar merah dan lawar putih yang bisa kamu coba saat datang ke Bali.

6. Nasi Jinggo

Makanan Khas Bali
Image via nibble.id

Sekilas, nasi jinggo ini mirip banget sama nasi kucing. Mungkin pembeda dari nasi jinggo dan nasi kucing adalah di bagian rasa. Nasi jinggo terasa lebih pedas dan gurih ketimbang nasi kucing. Biasanya, nasi jinggo disajikan dengan sate lilit, daging, mie, tempe manis, dan selalu ada sambal pedas di dalamnya. 1 Bungkus tidak akan cukup buat kamu kalau sudah mencicipi nasi jinggo.

7. Rujak Buleleng

Makanan Khas Bali
Image via indonesiakaya.com

Kalau di Jakarta ada rujak Betawi, di Bali ada rujak Buleleng khas Bali. Perpaduan berbagai buah yang potong kecil kemudian disiram dengan bumbu rujak yang pedas dan segar, itulah rujak Buleleng.

Yang membedakan rujak ini dengan rujak lainnya ada pada bumbunya. Bumbu rujak buleleng terbuat dari cuka, terasi, gula aren, cabai rawit, garam, dan pisang batu. Pisang batu memang sengaja dibuat sebagai bahan untuk menciptakan rasa sepat saat kamu menikmati rujak Singaraja.